Bersiap-siap! Tahap 1 Analog Switch Off 2022 Dimulai 30 Juni 2021

Media 2 Mar 2021

Berita terbaru dari perkembangan seputar Analog Switch Off di Indonesia. Peralihan siaran televisi dari analog ke digital yang ditargetkan akan rampung pada 2 November 2022 akan dimulai secara bertahap.

Terbagi Dalam 4 Tahap

Dilansir dari akun Instagram InspiraTV, akan ada 4 tahap dalam pelaksanaan migrasi siaran televisi analog ke digital. Tahap pertama akan dilaksanakan di 12 provinsi, sementara 22 ptovinsi lainnya akan dilaksanakan ASO secara bertahap mulai tahap 2 hingga tahap 4.

Pembagian Daerah per Tahap

Berikut adalah list pembagian ASO untuk daerah provinsi per tahapnya. Mari disimak:

Tahap 1
Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Kedua belas provinsi tersebut akan memulai proses Analog Switch Off pada tanggal 30 Juni 2021.

Tahap 2-4
Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Kedua puluh dua provinsi tersebut akan memulai proses Analog Switch Off secara bertahap di tahap 2 pada 31 Desember 2021, tahap 3 pada 30 Juni 2022, dan tahap 4 atau tahap puncak pada 2 November 2022

Tahap 1, Bersiap-siap!

Untuk MedForians yang berada di wilayah Tahap 1 ASO, segera persiapkan diri! Jika belum mempunyai perangkat televisi yang support DVB-T2, beli perangkat Set Top Box DVB-T2. Anda dapat membelinya melalui toko elektronik dan dapat anda beli secara daring di portal/aplikasi belanja pilihan Anda.

Jika TV Anda sudah mendukung built-in DVB-T2, tidak perlu membeli Set Top Box. Cukup melakukan scan di televisi Anda, Anda sudah dapat menikmati beragam tayangan dan siaran dengan kualitas yang lebih jernih.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek