Brand Supercar Pagani Luncurkan Monster Pelahap Track, Huayra R

Teknologi 22 Mar 2021

Setelah hadir selama hampir 9 tahun, supercar andalan dari Pagani kali ini bersiap untuk berevolusi secara penuh.

Preview Melalui Video

Mobil tersebut bernama Huayra R. Pada Kamis (18/3) lalu, melalui channel Youtube Pagani Automobili, brand supercar Italia tersebut merilis sebuah video teaser yang memperlihatkan lekukan menawan dari si Huayra R.

Teaser Huayra R

Dan pada Senin hari (22/3) mereka mengunggah lagi video tentang Huayra R yang kali ini tampak sedang bermanuver di dalam track.

Huayra R sedang melesat dalam track

Spesifikasi sang Supercar

Dengan desain yang telah diperbarui untuk memanfaatkan aerodinamika semaksimal mungkin, tentunya hal tersebut juga harus didukung oleh fitur serta sumber penggerak yang mumpuni.

Pertama adalah bodi sang supercar, yang meneruskan tradisinya sejak generasi awal untuk tetap menggunakan paduan carbon dan titanium sehingga bobot mobil ringan namun dengan rigiditas yang tinggi. Serta dengan tubular subframes yang berbahan CrMo alloy steel, dapat menghasilkan total bobot dari Huayra R sebesar 1.050 kg.

Lalu kita ke bagian organ dalam terpenting dalam Huayra R ini, yaitu mesinnya. Dan seperti pendahulunya, mobil ini memakai mesin dari raksasa Jerman yaitu AMG Mercedes. Namun yang special untuk kali ini, mereka berkolaborasi langsung dengan divisi balap dari Mercedes yaitu HWA AG.

Hasilnya adalah sebuah mesin 6000 cc V12 Naturally Aspirated yang dapat menyemburkan daya sebesar 850 hp (@8250 rpm) dan torsi 750 Nm (@5500 rpm). Seluruh daya dan torsi tersebut disalurkan melalui transmisi sequential 6 percepetan lalu menuju ke roda belakang, sehingga membuat mobil ini dapat melesat hingga kecepatan 199 mil/jam (320 km/jam) dan redline hingga 9.000 rpm. Dengan redline sebesar itu tentunya akan menghasilkan suara yang sangat nyaring dari knalpot monster ini. Beruntungnya, Pagani melengkapi mobil ini yang selain mengurangi kebisingan yang berlebih, juga menyesuaikan regulasi kebisingan oleh FIA yaitu sebesar 110 desibel.

Pintu Huayra berjenis Gunting

Versi awal dari Huayra yang dirilis pada 2013 memiliki pintu Gull-Wing, namun untuk versi R ini pintu tersebut diganti menjadi tipe Gunting. Hal itu dikarenakan adanya air scoop yang berada tepat di tengah atap. Selain itu, canard samping serta splitter ditambahkan untuk memakismalkan aerdinamik. Dengan semua fitur tersebut, mobil ini dapat menghasilkan downforce sebesar 1.000 kg (1 G).

Eksklusifitas

Dan seperti seluruh mobil dari Pagani, Huayra R ini nantinya akan diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil dan terbatas. Total 30 unit Huayra R yang akan menuju showroom, dan masing-masing dibanderol 2,6 juta euro atau Rp44,6 miliar termasuk pajak.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.