Desainer Hot Wheels, Ryu Asada Meninggal Dunia Akibat Kanker

Kreasi 27 Mar 2021

Kali ini di dunia diecast khususnya untuk brand ternama Hot Wheels harus berduka karena telah kehilangan salah satu sosok besar yang telah meninggalkan berbagai karyanya.

Didiagnosis Kanker

Pada Sabtu (27/3) pukul 09:00 WIB terdapat sebuah postingan terbaru dalam Instagramnya @hotwheels_ryu yang menyatakan bahwa sang desainer telah berpulang. Dalam isi caption tersebut, dikatakan bahwa sebelumnya beliau telah berjuang dengan bertarung melawan kanker usus Stadium IV yang telah dideritanya selama empat setengah tahun.

Foto memorial untuk Ryu Asada (Sumber: @hotwheels_ryu)

Beliau menjalani pemeriksaan terakhirnya pada 23 Maret di sebuah rumah sakit akibat komplikasi dari kanker usus yang dideritanya. Istrinya yang sekaligus teman kuliah dari Asada-san bernama Hazel Dias Asada juga menemaninya hingga akhir hayatnya. Tidak lupa pula dalam postingan tersebut terdapat ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya dari pihak keluarga atas dukungan dan ungkapan bela sungkawa terhadap desainer asal negeri Sakura ini.

Sejarah Singkat sang Desainer

Ryu Asada lahir dan besar di Osaka, Jepang pada tahun 1978-1997. Pada tahun 1997, beliau datang ke Amerika Serikat untuk kuliah di University of Oregon, termasuk mempelajari Bahasa Inggris dan Fisika (1997-2000). Pada tahun 2000, beliau mengejar gelar di Art Center College of Design - Sekolah desain yang sama di mana para desainer Hot Wheels ternama seperti Phil Riehlman, Mark Jones, Bryan Benedict, Jun Imai juga menempuh pendidikan. Setelah lulus pada tahun 2004, ia memulai karir profesionalnya di Mattel sebagai perancang untuk mainan mobil Matchbox di mana ia merancang dan mengerjakan ย sekitar 150+ mobil diecast, antara lain, selama 8 tahun dengan tim Matchbox (2004 -2012).

Pada 2012, ia bergabung dengan tim Hot Wheels dan mulai menerjakan proyek untuk mobil basic yang termurah. Proyek pertamanya di Hot Wheels sebagai desainer resmi adalah โ€˜67 Chevy C10 yang juga sebagai mobil baru untuk 2013. Sejak 2012, diperkirakan Ryu mengerjakan sekitar 20 hingga 30 Model Baru setiap tahun. Hingga akhir hayatnya, mengacu pada Hotwheels Wiki beliau telah menggarap desain untuk Hot Wheels sebanyak 143 mobil.

Beberapa contoh mobil Hot Wheels hasil karya tangan dari Ryu Asada. Termasuk desain pertamanya sebagai desainer resmi untuk Hotwheels yaitu truk Chevy C10 (pojok kiri belakang)

Sepanjang karirnya, beliau telah mendesain berbagai mobil baik itu mobil sungguhan ataupun mobil fantasi. Beliau juga merupakan salah satu desainer paling berpengaruh dalam Hot Wheels maupun Matchbox, karena beliau telah banyak mendesain sejumlah mobil asal pabrikan Jepang. Sehingga hal ini semakin menumbuhkan antusiasme di kalangan kolektor terutama anak-anak muda untuk semakin mendekatkan diri kepada mobil Jepang atau JDM (Japanese Domestic Market).

Namun tentu saja beliau tidak hanya mendesain mobil mainan yang berasal dari negaranya sendiri, tapi juga kendaraan dari Amerika Serikat seperti mobil muscle serta berbagai sportscar eksotik dari berbagai belahan negara benua Eropa.

Selamat jalan, Asada-san. Terima kasih atas segala karya dan pengaruh besar anda dalam kultur otomotif skala kecil!

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.