Maskapai Air Asia Umumkan Project Virtual YouTuber Kavvaii

Pop Kultur 10 Mar 2021

Virtual YouTuber atau biasa disingkat VTuber pada saat ini mungkin telah menjadi salah satu budaya baru dalam bidang industri kreatif. Dengan menggunakan karakter virtual L2D yang dibuat sedemikian rupa, VTuber kini telah menjelma menjadi salah satu budaya pop kultur yang digemari di seluruh dunia, khususnya bagi para penggemar jejepangan.

Kemunculan Kizuna Ai sebagai pelopor VTuber menjadi tonggak awal kepopuleran budaya ini. Dan seiring dengan berjalannya waktu, beberapa perusahaan pun juga mulai memanfaatkan bidang ini untuk mendapatkan talenta-talenta berbakatnya, sehingga muncullah beberapa agensi VTuber terkemuka seperti Nijisanji dan Hololive.

Di Indonesia sendiri, Maya Puteri menjadi pelopor melejitnya budaya VTuber di Nusantara. Dan kini beberapa agensi VTuber pun juga mulai bermunculan di negeri ini, baik itu cabang agensi luar seperti Nijisanji ID dan Hololive Indonesia maupun agensi-agensi lokal seperti Maha5 dan Virtunix.

Umumnya agensi VTuber diciptakan oleh perusahaan swasta yang berbasis di bidang pop kultur itu sendiri. Namun apa jadinya bila perusahaan yang tidak berbasis di pop kultur menciptakan agensi Virtual YouTubernya sendiri?

Hal inilah yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Air Asia. Melalui akun Twitter resminya pada hari Rabu (10/3), maskapai penerbangan tersebut mengumumkan sebuah proyek Virtual YouTuber dengan tajuk Project Kavvaii.

Dilansir dari situs web resminya, Project Kavvaii sendiri merupakan sebuah platform untuk menampilkan bakat dan memberdayakan komunitas VTuber yang sedang berkembang di Asia Tenggara, dengan visi misi mendobrak batas untuk menyatukan bakat dan menampilkan identitas ASEAN kepada dunia.

Project Kavvaii membuka audisinya pada 10 hingga 28 Maret 2021. Proyek ini dibuka untuk para wanita berusia 18 tahun keatas, fasih berbahasa Inggris, mampu melayani kontrak selama 1 tahun, dan dapat melakukan streaming minimal 3 hari dalam seminggu. Untuk mendaftar dalam proyek VTuber ini dapat mengisi tautan berikut.

Sungguh diluar dugaan bahwa perusahaan penerbangan sekelas Air Asia membuka agensi bakat VTuber. Kita tunggu saja apakah perusahaan-perusahaan non-pop kultur lainnya juga akan melakukan hal serupa?

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.