Apple Luncurkan Fitur Transfer Foto dari iCloud ke Google Photos

Teknologi 5 Mar 2021

Apple pekan ini memperkenalkan layanan baru yang memungkinkan untuk mentransfer foto dan video dari iCloud ke Google Photos.

Layanan ini dapat diakses melalui privacy.apple.com, kemudian melakukan log-in, ikuti langkah-langkah yang tertera, dan voila, foto dan video kamu telah ditransfer ke Google Photos.

Layanan ini tidak menghapus berkas yang ada di iCloud, melainkan kamu mendapat alternatif lokasi backup bila sewaktu-waktu kapasitas di iCloud mulai menipis.

Proses transfer ini membutuhkan waktu antara 3-7 hari, dengan Apple melakukan verifikasi bahwa permintaan backup itu dilakukan oleh pengguna.

Jangan lupa untuk mengaktifkan layanan otentifikasi dua faktor dan pastikan akun Google Photos kamu memiliki cukup ruang untuk menyimpan foto dan video kamu.

Berbagai format multimedia bisa mendukung transfer ini, seperti: .jpg, .png, .webp, .gif, beberapa berkas RAW, .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, sampai .mkv. Namun, untuk smart album, live photo, beberapa metadata, photo stream, dan beberapa berkas RAW mungkin belum bisa didukung.

Bagi foto yang sudah diedit, versi original akan tetap berada di iCloud, hanya yang versi yang telah diedit yang bisa ditransfer. Untuk berkas duplikat akan tampil sebagai 1 berkas saja. Foto akan ditransfer dalam album mereka masing-masing, sedangkan video akan ditransfer secara terpisah.

Bagi kamu yang ingin menjajal layanan ini, sayangnya layanan ini belum masuk Indonesia. Layanan ini baru hadir di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, dan Britania Raya.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.