Inovatif, SMA Nasima Semarang jadi Pilot Project Minecraft Education Edition di Indonesia

Teknologi 2 Mar 2021

Baru-baru ini sebuah inovasi pendidikan berbasis teknologi mulai diluncurkan di sebuah sekolah di Jawa Tengah. Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima menggelar workshop tahap pertama untuk aplikasi Minecraft Education Edition.

Dilansir dari Ā Sigi Jateng, Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr. Indarti, M.Pd menjelaskan bahwa workshop tersebut dilaksanakan di Ruang Bandar Sri Bentan SM Nasima Jalan Yos Sudarso no. 17 Arteri Utara Kota Semarang, Jawa Tengah. Beliau juga menuturkan bahwa YPI Nasima dan Microsoft telah bekerja sama untuk menjadikan Sekolah Nasima sebagai Pilot Project pemanfaatan aplikasi Minecraft Education Edition.

Menurut Indarti, aplikasi edukatif tersebut awalnya dikreasikan oleh Mojang yang dikembangkan oleh Microsoft menjadi game edukatif. Berdasarkan penelitian, penerapannya mampu menumbuhkembangkan computal thinkingserta akselersi yang menunjukkan generasi abad ke-21 yang kreatif, berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif. Aplikasi itu semakin memperkaya media pembelajaran yang selama ini sudah ada pada fitur-fitur Microsoft Office 365.

Sementara itu, Direktur Pendidikan I YPI Nasima, Sri Budiani, M.Pd mengatakan, melalui Minecraft Education Edition, guru maupun peserta didik dapat berkolaborasi secara kontekstual untuk menciptakan suatu dunia masa depan yang kaya dengan penerapan aneka ilmu pengetahuan dan teknologi secara komprehensif.

Beliau menambahkan bahwa guru dan peserta didik bahkan dapat memprogram dirinya menjadi ā€œAvatarā€ yang bisa masuk, beraktivitas, serta berinteraksi dalam dunia imajinatif tersebut.

Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE) region Jawa Tengah, Yuce Yahya Sukaca, S.Pd, M.Si turut hadir secara tatap muka di YPI Nasima untuk mendampingi para guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta Guru Penggerak Digital (GPD) dalam kegiatan tersebut.

Tag

Wahyu Soetisna

Just a person who loves to write somethings