Jaguar Land Rover Ciptakan Purifikasi Udara Kabin Baru Penangkal Virus

Teknologi 16 Mar 2021

Kemunculan pandemi virus COVID-19 membuat para pabrikan mobil mencari cara untuk mengamankan pengendaranya dari sebaran virus. Salah satunya adalah dengan melibatkan sistem purifikasi udara kabin, dan itulah yang menjadi perhatian dari pabrikan asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR).

Baru-baru ini Jaguar Land Rover menyatakan bahwa mereka menciptakan sistem purifikasi udara kabin terbaru hasil kolaborasi dengan Panasonic yang akan digunakan dalam produk mereka di masa mendatang. Sistem baru ini diklain mampu membunuh virus dan bakteri hingga 97%, termasuk COVID-19.

Dikutip dari Autocar UK, prototipe dari sistem ini menggabungkan pemanas, ventilasi dan sistem AC dengan Panasonic Nanoe X Technology yang bekerja layaknya masker dalam sistem HVAC tersebut. Sistem Nanoe X Technology menggunakan voltase tinggi untuk menciptakan radikal hidroksil yang kemudian terbungkus dalam molekul air berukuran nano. Radikal hidroksil inilah yang bereaksi menonaktifkan bakteri dan virus.

Untuk membuktikan lebih lanjut, Jaguar Land Rover bermitra dengan Perfectus Biomed Ltd untuk melakukan pengujian laboratorium dengan melakukan simulasi pada ventilasi dan sistem AC mobil selama siklus 30 menit di ruang tertutup. Hasilnya menunjukan bahwa 97% bakteri dan virus yang hinggap dalam kabin mobil telah dimusnahkan. Lebih lanjut, sistem Panasonic Nanoe X Technology juga telah diuji terhadap novel coronavirus (SARS-CoV-2) oleh Texcell, sebuah organisasi laboratorium imunologi asal Perancis dengan hasil 99,995% virus SARS-CoV-2 telah dilenyapkan dalam 2 jam pengujian.

Insinyur Pengembangan dari Jaguar Land Rover, Alexander Owen mengatakan: "Teknologi ini adalah contoh bagus untuk menempatkan Jaguar Land Rover menjadi yang terdepan dalam hal teknologi kabin. Radikal Hidroksil adalah salah satu oksidan alami yang paling penting dalam dunia kimia, yang telah membantu membersihkan atmosfer kita selama ribuan tahun, membersihkan polutan dan subtansi berbahaya lainnya. Kreasi dari teknologi ini akan menjadi langkah pertama dalam menerapkan fenomena ilmiah ini dalam kabin mobil di masa mendatang."

Saat ini, berbagai model dari Jaguar Land Rover telah dilengkapi filter Nanoe dari Panasonic dengan PM 2.5 filter. Model masa depan dari Jaguar Land Rover akan menggunakan teknologi Nanoe X ini tapi masih belum memastikan model mana yang akan mendapatkannya lebih dahulu.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)