[AutoTekno] Mercedes-Benz Tampilkan Interior EQS dengan MBUX Hyperscreen

Teknologi 28 Mar 2021

Mercedes-Benz sebelumnya telah menampilkan teknologi user interface masa depan mereka dengan nama MBUX Hyperscreen pada ajang Digital Consumer Electronics Show (CES) pada bulan Januari 2021. User interface ini akan melakukan debutnya pada sedan listrik pertama mereka, EQS pada 15 April mendatang. Hari ini (28/3) mereka menampilkan teaser dari interior EQS menjelang peluncurannya.

Seisi Dasbor Adalah Satu Layar

Dok: Mercedes-Benz

Sesuai dengan yang telah diperlihatkan pada ajang Digital CES sebelumnya, MBUX Hyperscreen merupakan generasi penerus dari sistem MBUX yang pertama kali diperkenalkan pada A-Class pada tahun 2018. Sistem melingkupi satu layar lengkung raksasa OLED berukuran 56 inci yang dilengkapi dengan CPU octa-core dan RAM sebesar 24GB. Layar raksasa ini terbagi dalam tiga layar, yakni layar instrumen 12.3 inci, layar infotainment 17.7 inci, dan layar penumpang depan 12.3 inci yang bisa dijadikan ornamen dasbor saat tidak digunakan.

Dilansir dari techradar.com, Mercedes mengatakan bahwa MBUX Hyperscreen dirancang intuitif dengan konsep yang disebut 'Zero Layer', yang mengoptimalkan penggunaan artificial intelligence (AI) yang tertanam di dalamnya untuk mempelajari fungsi yang sering digunakan oleh pengguna, sehingga tidak perlu repot menuju menu karena AI akan menampilkan fungsi yang sering digunakan tersebut secara langsung di layar utama.

Energizing Air Control Plus

Dok: Mercedes-Benz

Menanggapi dari pandemi COVID-19 membuat Mercedes-Benz memberikan sistem filtrasi udara untuk diperkenalkan pertama kali untuk EQS bernama “Energizing Air Control Plus” yang terdiri dari HEPA filter berukuran raksasa yang tergabung dalam AC mobil. Sistem ini diklaim oleh Mercedes dapat menyaring sulfur dan nitrogen oksida, termasuk bakteri dan virus. Sistem ini dapat mengaktifkan sirkulasi udara secara otomatis untuk menjaga udara kabin tetap bersih, bahkan dapat memberi sugesti untuk menutup kaca jendela di area yang kualitas udaranya buruk.

Spesifikasi Lain

Dok: Mercedes-Benz

Berdasarkan dari Techradar,com, selain dari foto interior, Mercedes-Benz juga merilis beberapa data spesifikasi dari EQS meliputi pilihan rear-wheel-drive atau all-wheel-drive, pilihan ukuran baterai 90kWh atau 107kWh dengan dukungan fast charging 210kW yang diklaim jarak tempuh 300km hanya dalam waktu 15 menit. Sementara jarak tempuhnya diklaim sejauh 700km dengan top speed dibatasi sebesar 210kpj.

Sedangkan untuk spesifikasi lain akan dirilis pada tanggal 15 April 2021, ketika Mercedes-Benz meluncurkan EQS secara resmi ke publik.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.