Microsoft Dikabarkan Berencana Mengakuisisi Discord Seharga 10 Milyar USD

Teknologi 23 Mar 2021

Perusahaan raksasa software asal Redmont, Microsoft memang akhir-akhir ini gencar melakukan akuisisi dari beberapa perusahaan demi memperluas layanan bagi para pengguna. Setelah mengakuisisi ZeniMax Media yang memegang publisher Bethesda Softworks seharga 7,5 Milyar USD (108 Triliun Rupiah), Microsoft dikabarkan sedang serius membicarakan untuk akuisisi terhadap layanan sosial media berbasis messaging, Discord Inc. dengan 'mahar' diperkirakan senilai 10 Milyar USD (142 Triliun Rupiah).

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, Kepala Microsoft Xbox Phil Spencer dikatakan akuisisi terhadap Discord memang sangat berpotensi untuk terjadi. Discord memang telah membicarakan mengenai kemungkinan akuisisi tersebut dengan beberapa pembeli potensial, termasuk Microsoft, namun hingga kini masih jauh dari kata kesepakatan karena selain masih pembicaraan secara tertutup, Discord masih mempertimbangkan pilihan untuk melantai di bursa saham alih-alih diakuisisi.

Menurut dari analis dari Bloomberg Intelligence, Matthew Kanterman, langkah Microsoft mengakuisisi Discord dilakukan demi memperkuat posisi mereka di dunia gaming. "Kemungkinan Microsoft mengakuisisi Discord memang masuk akal selagi mereka terus mengubah bisnis gaming menuju software dan services. Apalgi ada kesempatan bagi mereka untuk dapat menyertakan layanan Discord Nitro ke dalam Xbox Game Pass untuk menjaring lebih banyak konsumen" jelasnya. Apalagi Discord menjaring lebih dari 140 juta pengguna dan menghasilkan pemasukan sebesar 130 juta USD (1,87 Triliun Rupiah) dari layanan subscription Discord Nitro pada tahun lalu berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, walaupun masih belum menghasilkan profit.

Usaha akuisisi terhadap platform sosial media seperti Discord bukanlah hal pertama kali bagi Microsoft. Sebelumnya Microsoft dikabarkan serius mengakuisisi platform sosial media asal Tiongkok, Tik-Tok pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump pada tahun 2020 demi agar bisa beroperasi di Amerika Serikat, namun proses akuisisi tersebut kandas ketika Joe Biden menjadi Presiden. Selain itu Microsoft juga dikabarkan ingin mengakuisisi Pinterest Inc. namun belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Saat ini belum ada pernytaan resmi baik dari Microsoft maupun Discord mengenai rumor akuisisi tersebut.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.