[Opini] Ini Alasan Mengapa Paket Kuota Masih Lebih Baik Daripada Paket Unlimited

Teknologi 22 Mar 2021

Di zaman sekarang ini internet menjadi kebutuhan primer masyarakat. Para provider pun saling bersaing dengan menawarkan paket internet yang terjangkau, menguntungkan, dan yang pasti harus cepat. Namun sebagai konsumen kita dibuat bingung dengan banyaknya pilihan yang mereka tawarkan. Paket apa yang terbaik untuk kebutuhan sehari-hari dan juga affordable dengan budget pas-pasan?. Yang paling sering diperdebatkan adalah jenis paket kuota dengan paket unlimited, kedua jenis paket internet tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yap, di sini saya ingin membagikan opini, mengapa paket kuota masih lebih baik daripada paket unlimited. Well, mungkin beberapa orang masih percaya kalau pakai paket unlimited masih enak dan nguntungin konsumennya, padahal menurut saya tidak loh!!. FUP perharinya sedikit, dan untuk beberapa provider yang tanpa FUP pun, kecepatan koneksinya dibatasi seperti By.U. Apalagi saat kamu tidak memakai jatah FUP harian, yang kalau diibaratkan seperti kamu menyewa mobil tapi tidak digunakan, jadinya mubazir kan?.

Pembatasan-pembatasan yang banyak tersebut membuat pengalaman internetanmu menjadi terbatas. Coba bayangkan, pas kalian lagi ingin-inginnya berselancar internet seperti streaming YouTube VTuber kesukaanmu, eh FUPnya habis jadi cuman bisa nonton dengan resolusi 120p(itupun syukur-syukur kalau ditempatmu memang dekat dengan towernya), pingin main gim online?, tapi ngelag karena kecepatannya dibatasi, atau kamu lagi speedrun tugas kuliah karena sudah dekat deadlinenya, dan kamu kesel gara-gara internet unlimitedmu FUP hariannya sudah habis tepat saat genting-gentingnya ngupload tugas. Makanya, saya tidak merekomendasikan kamu untuk membeli paket unlimited. Menurut saya paket unlimited cuman cocok untuk kaum rebahan pengangguran, di mana internet tidak menjadi hal yang primer untuk membantu aktivitasmu. Kamu bisa beli paket internet unlimited By.U yang tanpa FUP, tentu saja dengan pembatasan kecepatan koneksi internet.

Berbeda dengan paket kuota, kamu mungkin tidak akan ngalamin hal diatas. Kelebihan paket internet kuota adalah kamu tidak akan terganggu dengan batas harian FUP ataupun kecepatan koneksinya yang dibatasi. Ya emang sih harganya lebih mahal tapi bisa dibilang benefitnya juga banyak. Paket internet kuota juga cocok untuk kamu yang suka beraktivitas di luar rumah karena kamu tidak akan disibukkan dengan smartphone jadi bisa mengurangi pemakaian kuotamu, dan kalaupun perlu berselancar internet kamu bisa tuh nongkrong  di tempat yang sudah menyediakan Wi-Fi gratis atau kamu bisa beli paket wifi.id. Sisa kuota internet yang kamu miliki bisa digunakan untuk kemudian hari. Paket kuota juga cocok untuk kamu yang sering ngupload video ke YouTube, kamu bisa tuh pakai kuota ngalong (kuota malam).

Provider sekarang ini juga sudah memberi benefit lain di paket kuota yang mereka tawarkan, seperti paket telepon, SMS, YouTube, VIU, kuota gim online, bahkan ada yang memberikan akses internetan unlimited sepuasnya di jam tertentu seperti paket AON dari 3(Tri).  Tidak hanya benefit, dari segi harga pun para provider saling bersaing untuk menjual paket kuota lebih murah dan terkadang ngasih penawaran paling ‘Best Deal’, contohnya kayak By.U yang sering ngasih paket internet segaban tapi dengan harga yang murah ataupun si merah kakaknya yang ‘terkadang’ ngasih penawaran paket kuota “4G Ceria”, “Surprise Deal”,”Combo SAKTI”, dll.

Adapun provider dengan label “digital” sekarang ada yang memberi opsi akumulasi sisa kuota kamu, misal masa paketanmu sudah habis, contohnya Live ON dengan fiturnya “Rollover”. Dengan fitur tersebut kamu tidak perlu khawatir karena kuotamu tidak akan terbuang sia-sia.

Ya segitu saja opini saya mengapa paket kuota masih lebih baik daripada paket unlimited. Bagikan opinimu mengenai kedua jenis paket tersebut di kolom komentar.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Rarely writing

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.