Qualcomm Tengah Kembangkan Konsol Serupa Nintendo Switch dengan OS Android?

Teknologi 26 Mar 2021

Apa jadinya jika konsol gim kamu punya sistem operasi yang sama dengan ponselmu? Inilah yang dikabarkan tengah dikembangkan oleh Qualcomm. Sebuah konsol gim dengan sistem operasi Android, yang punya rupa mirip dengan Nintendo Switch lengkap dengan kontroler yang mudah dilepas.

David Ruddock dari Android Police melaporkan bahwa Qualcomm dikabarkan tengah mengembangkan tablet dengan kontroler yang mudah dilepas, mirip dengan Switch. "Konsol" satu ini akan ditenagai oleh chip besutan Qualcomm sendiri. Qualcomm dikabarkan juga menggunakan penyuplai khusus untuk memasok kontroler bergaya Joy-con, dan perangkat satu ini, seperti Switch, juga dapat dimainkan saat tersambung pada layar televisi.

"Konsol" ini juga punya slot microSD, menggunakan OS Android 12, aplikasi-aplikasi Google, serta launcher yang didesain khusus. Dikabarkan, perangkat ini akan mendukung jaringan 5G, meskipun dalam laporan David Ruddock, perangkat ini mustahil berfungsi layaknya ponsel dengan absennya sistem telefoni. Perangkat ini dikabarkan akan meluncur pada kuartal pertama tahun depan dan akan dijual dengan harga 300 Dollar AS.

Mishaal Rahman dari XDA Developers punya laporan berbeda. Mishaal menyebut spesifikasi teknis dari perangkat yang tengah dikembangkan Qualcomm ini, yang dikabarkan akan diotaki chip Snapdragon 888, punya bentang layar 6,5 inch dengan resolusi Full HD+, dan ditenagai baterai 6000 mAh. Perangkat yang tengah dikembangkan ini punya nomor seri GRD8350P alias Gaming Reference Device. Barangkali ini adalah perangkat yang berbeda dengan yang dilaporkan oleh David.

Perangkat referensi ini mungkin bisa digunakan Qualcomm sebagai basis untuk perangkat yang lebih ramah konsumen kedepannya. Tidak dijual mungkin, namun perangkat ini bakal jadi contekan bagi pabrikan lain untuk memproduksi konsol berbasis Android.

Sebenarnya, bukan hal baru jika konsol gim memiliki sistem operasi Android. Beberapa developer mencoba menginstal Android pada Switch, dan beberapa diantaranya berhasil. Konsol ini bisa digunakan untuk bermain gim yang beredar di Play Store.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.