[Review] Urasekai Picnic: Bukan Sekadar “Piknik” di Dunia Gaib

Pop Kultur 24 Mar 2021

Ulasan anime kali ini datang dari serial anime adaptasi novel fiksi ilmiah karya Iori Miyazawa, Otherside Picnic atau dikenal juga sebagai Urasekai Picnic. Serial yang terinspirasi dari novel Roadside Picnic karya penulis Soviet Arkady dan Boris Strugatsky terbitan 1971 ini dapat disaksikan secara legal melalui kanal YouTube resmi Ani-One Asia.

[Spoiler Warning]

Berkisah tentang seorang mahasiswi bernama Sorawo Kamikoshi yang memasuki sebuah “dunia lain” di mana legenda masyarakat dan internet itu benar-benar nyata. Di sana ia diselamatkan oleh seorang gadis misterius yang terampil menggunakan senjata api bernama Toriko Nishina. Akhirnya keduanya memutuskan untuk bersama-sama menjelajahi dunia antah berantah yang misterius itu.

Interaksi dengan “Hal-hal Mistis”

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan legenda-legenda mistis seperti dunia-dunia ghaib yang tak terlihat. Sebut saja Kerajaan Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan, Alas Purwo, Pasar Setan Gunung Lawu, maupun kota ghaib seperti Wentira di Palu dan Saranjana di Kalimantan Selatan. Nah, hal-hal seperti inilah yang diangkat dalam serial Urasekai Picnic ini.

Dalam serial ini kita diperkenalkan dengan beberapa legenda mistis masyarakat Jepang pada umumnya, seperti elevator menuju dunia lain, Kunekune, Hasshaku-sama, dan legenda masyarakat lainnya. Seperti apa yang telah disebutkan diatas, Sorawo dan Toriko pun bersama-sama menjelajahi “dunia lain” tersebut, khususnya untuk mendapatkan beberapa benda yang mungkin bisa dijual.

Dan bukan hanya petualangan di dunia gaib saja, ada beberapa istilah-istilah mistis lainnya yang juga muncul dalam anime ini, seperti jimat, orang yang “disembunyikan makhluk gaib”, hingga beberapa perkara yang mungkin sebagian orang sebut sebagai “pamali”.

Peristiwa-peristiwa seperti inilah yang mewarnai kisah petualangan Sorawo dan Toriko, dan juga rekan “peneliti” mereka Kozakura, serta junior mereka yang ahli karate yang bernama Akari.

Bukan Sekedar “Piknik” Biasa

Di sini, dalam kisah ini Sorawo dan Toriko tidak menapakkan kaki mereka di dunia lain hanya untuk bersenang-senang dan menjelajahinya saja, tetapi lebih dari itu. Ada beberapa misteri yang menghampiri mereka dan mereka pun harus segera memecahkannya untuk menolong orang lain. Terlebih lagi bahwa “dunia lain” yang mereka jelajahi juga telah menelan banyak korban.

Yup, banyak dari mereka yang “dibawa ke dunia lain” dan tidak bisa kembali hidup-hidup. Ada banyak jebakan di dunia ini yang bisa menghanguskan siapa saja yang menginjaknya, dan itu belum termasuk berbagai makhluk misterius yang siap menghabisi siapa saja yang ada di depannya.

Berbagai pengalaman supernatural yang mereka alami, pertarungan hidup dan mati di dunia lain, hingga beberapa jumpscare yang bisa muncul tiba-tiba di sepanjang ceritanya menjadikan suasana yang dibawakan serial ini menjadi lebih menegangkan.

Namun jika dibandingkan dengan serial lain dengan sub-genre yang sama, unsur Shoujo Ai yang dibawakan disini mungkin tidak terlalu berasa. Hal ini mungkin dikarenakan cerita animenya yang lebih fokus pada misterinya, ataupun pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin bisa terjawab bila nantinya serial ini mendapatkan sekuelnya.

Urasekai Picnic membawakan kisah penjelajahan antar dimensi yang diwarnai dengan berbagai macam suasana, dari menyenangkan, menegangkan, hingga menakutkan. Secara tersirat serial ini juga menegaskan bahwa legenda-legenda mistis akan selalu hidup dalam lingkungan masyarakat setempat. Percaya atau tidak? Kembali pada keyakinan individu masing-masing.

Apakah MedForians sendiri percaya dunia lain itu ada? Ataukah MedForians sendiri pernah ada yang masuk ke dalam  “Urasekai lokal” seperti di atas? Tulis di kolom komentar ya…😉

Tag

Wahyu Soetisna

Just a person who loves to write somethings