Spesifikasi Snapdragon 775 Bocor, Gunakan Arsitektur 5nm, Tuju Ponsel Kelas Menengah

Teknologi 6 Mar 2021

Snapdragon 765 dan 765G tahun lalu mendapat sambutan bagi pemburu ponsel cerdas menengah keatas. Berbagai ponsel diotaki oleh chip besutan Qualcomm ini, seperti Redmi K30, OnePlus Nord, dan Google Pixel 5. Kali ini, penerus mereka dikabarkan bocor ke publik dan diduga akan dinamai Snapdragon 775 dan 775G.

Sebuah bocoran pertama kali didapat oleh XDA Developers melalui obrolan Telegram. Yang menjadi peningkatan paling kentara dari chip ini adalah chip ini akan menggunakan arsitektur 5nm, yang digadang-gadang lebih cepat dari pendahulunya yang menggunakan arsitektur 7nm. Selain itu juga, chip ini akan mendukung jaringan 5G, yang kini tengah digandrungi.

Arsitektur 5nm sendiri sudah digunakan oleh chip Snapdragon seri 8xx. Seakan mengaburkan batasan antara chip seri 7xx dan seri 8xx.

Berikut adalah cuplikan dari spesifikasi yang bocor tersebut.

Spesifikasi chip yang diduga sebagai Snapdragon 775 dan 775G (Sumber: Telegram Xiaomiui / Android Authority)

Berdasarkan laporan XDA Developers sebagaimana dikutip dari Android Authority, spesifikasi yang beredar diduga berasal dari dokumen internal Qualcomm. Namun, dokumen ini disebut sebagai versi usang, beberapa bagian dari spesifikasi tersebut juga bisa jadi kurang tepat, termasuk nama dari chip baru ini.

Namun, secara logis, chip ini akan jadi penerus dari Snapdragon 765, dan berdasarkan rumor lain, chip anyar ini akan mengotaki ponsel terbaru Xiaomi, Mi 11 Lite. Tinggal menunggu waktu sampai pihak Qualcomm memberi pernyataan terkait chip baru ini.

Snapdragon 765 sendiri telah diperkenalkan oleh Qualcomm pada akhir 2019 lalu, bersamaan dengan chip Snapdragon 865 yang diperuntukkan bagi ponsel kelas atas.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.