Terlalu OP! Gojek Resmi Beli Saham LinkAja

Teknologi 10 Mar 2021

Gojek seakan sulit untuk dihentikan! Kali ini, unicorn hijau ini resmi membeli saham LinkAja melalui kerja sama investasi strategis. CEO LinkAja, Haryati Lawidjaja dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Tempo, Gojek bergabung menjadi salah satu pemegang saham LinkAja menyusul investasi yang dilakukan oleh pemegang saham terkemuka LinkAja lainnya dalam penggalangan dana Seri B.

“Kami sangat senang Gojek bergabung sebagai pemegang saham, menyusul investasi yang dilakukan oleh pemegang saham terkemuka LinkAja lainnya dalam penggalangan dana Seri B,” ujar Haryati dalam keterangan tertulis, Selasa (9/3).

Bergabungnya Gojek sebagai salah satu pemegang saham strategis diyakini akan memberikan akses bagi LinkAja untuk masuk ke ekosistem perusahaan yang didirikan Nadiem Makarim tersebut. Sebagai bagian dari kemitraan, LinkAja akan memperluas opsi metode pembayaran untuk beberapa layanan tertentu di aplikasi Gojek.

Haryati berharap LinkAja dapat menjadi alternatif transaksi bagi pengguna dan pelaku usaha serta menghadirkan tambahan kemudahan dan kenyamanan layanan. Integrasi ini juga akan memperkuat kemitraan Gojek yang sudah terjalin dengan LinkAja sebagai metode pembayaran untuk layanan transportasi dan reservasi tiket.

Platform LinkAja saat ini berfokus pada pembayaran untuk pembelanjaan retail, layanan publik, dan layanan kebutuhan sehari-hari. Sedangkan layanan pembayaran digital Gojek, yaitu GoPay, melayani kebutuhan sektor retail dan bisnis di Indonesia khususnya untuk UMKM serta kebutuhan sehari-hari dalam platform Gojek.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo, mengatakan perusahaannya memiliki fokus mendukung masyarakat menikmati manfaat dari ekonomi digital. Andre berujar, kolaborasi ini bakal menggabungkan kekuatan teknologi dan memperluas jangkauan masing-masing perusahaan sekaligus  membuka peluang peningkatan penggunaan pembayaran non-tunai.

“Misi kami untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memberikan akses layanan keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat unbanked dan underbanked sejalan dengan komitmen yang dimiliki oleh LinkAja,” kata CEO Gojek ini. Dalam penggalangan dana ini, Credit Suisse dan Hiswara Bunjamin & Tandjung bertindak sebagai agen penempatan eksklusif dan penasihat hukum LinkAja.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek