Tidak Sedang Bercanda, ByteDance akan Caplok Moonton!

Gaming 23 Mar 2021

ByteDance mengatakan pada Senin lalu divisi gim video mereka, Nuverse menyetujui untuk mengakuisisi studio gim asal Shanghai, Moonton, yang dikenal sebagai pembuat gim Mobile Legends.

Berdasarkan laporan Reuters, perusahaan yang menaungi aplikasi berbagi video, TikTok, tersebut mengakuisisi studio gim tersebut dengan nilai mencapai 4 Milyar Dollar AS. Akuisisi ini adalah langkah ByteDance untuk melebarkan sayapnya di industri gim.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran gim global Nuverse," kata ByteDance dalam sebuah pernyataan. Di saat yang sama, mereka memilih bungkam saat ditanyai tentang besar nilai akuisisi.

CEO Moonton Yuan Jing mengatakan dalam sebuah memo internal, mereka akan tetap beroperasi sebagaimana biasanya secara independen pasca akuisisi berlangsung.

Moonton sendiri didirikan oleh bekas pegawai Tencent, dan dikenal di Asia Tenggara sebagai pembuat gim berbasis multiplayer online battle arena (MOBA), Mobile Legends: Bang Bang. Sebelumnya, Tencent berencana akan mengakuisisi Moonton, namun berdasarkan sumber dari Reuters, pihak Moonton memilih untuk menerima tawaran dari ByteDance.

Dengan ini, maka ByteDance akan bersaing dengan gim MOBA besutan Tencent, Honor of Kings dan League of Legends, yang mana Tencent sempat menggugat Moonton atas kasus pelanggaran hak cipta karena baik dari segi karakter maupun gameplay, ada kemiripan antara LoL dengan MLBB.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.