Xiaomi Rilis Mi Mix Fold, Ponsel Lipat Pertama Xiaomi, Mirip Galaxy Z Fold 2?

Teknologi 31 Mar 2021

Xiaomi beberapa waktu lalu telah merilis ponsel lipat pertama mereka, Mi Mix Fold. Sebagaimana diketahui, lini Mi Mix merupakan lini ponsel besutan Xiaomi yang punya fitur serta desain unik.

Serupa dengan Galaxy Z Fold 2, namun Punya Perbedaan Signifikan

Jika kita melihat ke belakang, sebelumnya ada Mi Mix Alpha yang punya layar yang hampir memenuhi seluruh ponsel. Berbeda dari sebelumnya, kali ini Mi Mix Fold mengusung tema ponsel lipat, dan bisa dibilang punya desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Z Fold 2, kecuali untuk bagian kamera dan wallpaper.

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 2 yang mengusung tema wallpaper kupu-kupu, Mi Mix Fold mengusung tema ikan cupang yang bergerak dinamis sebagaimana yang diperlihatkan pada teaser di atas.

Bentang layar dari Mi Mix Fold juga sedikit lebih besar, yakni 8,01 inch dengan resolusi WQHD+ untuk layar utama dan 6,52 inch dengan resolusi HD+ untuk layar sekunder. Sedangkan layar utama pada Galaxy Z Fold 2 berukuran 7,6 inch dan layar luarnya berukuran 6,23 inch.

Mi Mix Fold dipersenjatai dengan susunan 4 speaker yang digarap Harman-Kardon, yang terpasang di kedua sisi layar. Ponsel ini diotaki prosesor Snapdragon 888, dengan konfigurasi RAM serta penyimpanan variatif, mulai dari 12GB/256GB, 12GB/512GB, dan 16GB/512GB.

Selain itu, ponsel ini dilengkapi susunan kamera belakang 108MP lensa utama, 8MP lensa berteknologi liquid lens, serta 13MP lensa ultrawide. Ponsel ini jadi yang pertama yang menggunakan lensa liquid lens. Untuk kamera depannya sendiri punya resolusi 20MP. Soal pemrosesan gambarnya, ponsel ini dilengkapi sensor Surge C1 yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Ponsel ini ditenagai baterai berkapasitas 5020 mAh, yang mendukung pengecasan cepat 67 Watt. Baterai ponsel ini terbagi dalam 2 bagian yang masing-masing berkapasitas 2460 dan 2560 mAh.

Soal keamanan, ponsel ini dilengkapi sensor sidik jari yang berada di tombol power. Ponsel ini juga sudah mendukung jaringan 5G dan WiFi 6.

Baru akan Beredar di Tiongkok Daratan

Sayangnya ponsel ini baru akan beredar di Tiongkok Daratan saja. Pre-order sudah dimulai per hari ini, dan akan beredar di pasaran pada 16 April. Belum diketahui akankah ponsel ini juga akan beredar untuk pasar internasional.

Akan ada 2 varian yang ditawarkan, yakni varian standar dan varian ceramic special edition.

Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung kapasitas RAM dan penyimpanan. Ponsel ini akan dibanderol dengan harga RMB 9.999 untuk varian 12GB/256GB, RMB 10.999 untuk varian 12GB/512GB dan RMB 12.999 untuk varian 16GB/512GB.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.