Xiaomi Sambut Antusias Pencabutan Blacklist Sementara oleh Pengadilan AS

Teknologi 15 Mar 2021

Xiaomi, raksasa teknologi Tiongkok yang sempat masuk blacklist akibat keterkaitan dengan pemerintah RRT dan Partai Komunis akhirnya dapat bernapas lega setelah pengadilan AS memutuskan untuk mencabut sementara keputusan blacklist yang menimpanya.

Blacklist yang dibuat oleh pemerintahan Donald Trump sebelum digantikan oleh pemenang Pemilihan Presiden, Joe Biden melalui Departemen Pertahanan ini diputuskan dicabut sementara setelah Xiaomi memutuskan untuk melayangkan gugatan.

Sebelumnya Xiaomi juga telah memberikan rilis pers yang menyatakan bahwa raksasa teknologi itu tidak memiliki keterlibatan atau hubungan yang eksplisit dengan Pemerintahan RRT sebagaimana dugaan Departemen Pertahanan AS.

Sebenarnya, blacklist yang dikenakan hanya membuat Xiaomi tak bisa melakukan kesepakatan dagang dengan perusahaan asal AS, dan blacklist ini tidak sekeras yang dikenakan kepada Huawei. Kini, Xiaomi dapat kembali melakukan transaksi dengan perusahaan asal AS.

Dalam keterangan yang beredar pasca keputusan pengadilan tersebut, Xiaomi mengharapkan agar blacklist tersebut dapat dihapus secara permanen.

β€œPerusahaan yakin bahwa keputusan masuknya perusahaan sebagai salah satu Communist Chinese Military Company (CCMC) adalah sewenang-wenang dan dapat berubah-ubah, seperti yang disetujui hakim. Perusahaan akan terus meminta pengadilan untuk menghapus secara permanen keputusan tersebut, ”jelas Xiaomi dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Android Authority.

Xiaomi, yang digadang-gadang sebagai Apple-nya Tiongkok memulai bisnisnya dalam produksi ponsel sejak 2010. Dan hingga sekarang, Xiaomi jadi salah satu perusahaan ponsel terkemuka, dan jadi yang pertama yang mencicipi prosesor besutan Qualcomm, Snapdragon 888, di ponsel flagship mereka, Mi 11.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.