Charles Geschke, Pendiri Adobe dan Penemu PDF Meninggal Dunia

Teknologi 18 Apr 2021

Kabar duka datang dari Los Altos, San Francisco di mana seorang pendiri Adobe dan sekaligus jadi bagian dari pembangun format dokumen digital PDF, Charles Geschke berpulang pada usianya yang ke-81 tahun.

Kabar duka ini dikonfirmasi langsung oleh Adobe pada Jumat waktu setempat. Berdasarkan laporan Associated Press, CEO Adobe Shantanu Narayen menyebut bahwa meninggalnya Charles merupakan kehilangan yang cukup besar bagi perusahaan perangkat lunak tersebut.

"Ini adalah kehilangan besar bagi seluruh komunitas Adobe dan industri teknologi (pada umumnya), yang mana ia (Charles) telah menjadi pemandu dan pahlawan (bagi Adobe) selama beberapa dekade," ungkap Shantanu dalam surel yang dikirimkan kepada para pegawainya.

“Sebagai salah satu pendiri Adobe, Chuck (panggilan Charles) dan John Warnock mengembangkan perangkat lunak inovatif yang telah merevolusi cara orang membuat dan berkomunikasi,” lanjut Narayen.

“Produk pertama mereka adalah Adobe PostScript, teknologi inovatif yang menyediakan cara baru yang radikal untuk mencetak teks dan gambar di atas kertas dan memicu revolusi penerbitan desktop. Chuck menanamkan dorongan tanpa henti untuk inovasi di perusahaan, menghasilkan beberapa penemuan perangkat lunak yang paling transformatif, termasuk PDF, Acrobat, Illustrator, Premiere Pro, dan Photoshop yang ada di mana-mana.”

Setelah mendapatkan gelar doktor dari Universitas Carnegie Mellon, Charles mulai bekerja di Pusat Penelitian Xerox Palo Alto, di mana dia bertemu Warnock. Mereka berdua kemudian meninggalkan Xerox Palo Alto pada tahun 1982 untuk mendirikan Adobe, mengembangkan perangkat lunak bersama. Kini, Adobe dipakai di berbagai penjuru dunia mulai dari desainer hingga content creator.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.