Microsoft Akuisisi Perusahaan Teknologi AI Nuance Senilai 19 Milyar USD

Teknologi 13 Apr 2021

Microsoft resmi mengakuisisi perusahaan percakapan artificial intelligence (AI), Nuance Communication Inc. senilai 19,7 Milyar USD (287 Triliun Rupiah) demi memperkuat posisi Microsoft dalam hal voice recognition sekaligus bisnis kesehatan bagi para enterprise.

Mengutip dari Microsoft News pada hari Senin (12/4). Dalam kesepakatannya Microsoft akan membeli saham Nuance seharga 56 USD per lembar saham, yang mana nilai tersebut lebih besar 23% dibandingkan harga penutupan saham Nuance pada Jumat (9/4) lalu. Kesepakatan lainnya juga menyatakan bahwa Microsoft juga akan membayar hutang bersih dari Nuance.

Microsoft sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Nuance sejak 2019 dalam pengadaan solusi kesehatan dengan mengintegrasikan Dragon Medical Platform milik Nuance dengan Azure milik Microsoft. Melalui akuisisi ini Microsoft dan Nuance diharapkan dapat memperdalam kerja sama tersebut, seperti mengintegrasikan teknologi karya Nuance ke dalam software lain seperti Microsoft Teams.

"Nuance menyediakan dasar AI bagi pelayanan kesehatan sekaligus pionir dalam penggunaan AI enterprise di dunia nyata," ujar Satya Nadella, CEO dari Microsoft.

"AI adalah teknologi dengan prioritas paling penting, dan pelayanan kesehatan adalah pengaplikasian paling mendesak. Bersama dengan partner ekosistem, kami memberikan solusi AI canggih bagi para profesional di mana pun mereka berada untuk memberikan pengambilan keputusan yang lebih baik dan menciptakan koneksi yang lebih berarti, sebagaimana kami mempercepat pertumbuhan dari Microsoft Cloud untuk pelayanan kesehatan bersama Nuance," Lanjutnya.

Akuisisi Microsoft terhadap Nuance menjadikannya pembelian terbesar kedua yang pernah dilakukan oleh Microsoft setelah LinkedIn yang diakuisisi pada tahun 2016 dengan nilai 26 Milyar USD (379 Triliun Rupiah).

Mengenai Nuance

Sebelum pemberitaan akuisisi, Nuance Communication Inc. sebelumnya dikenal sebagai perusahaan penyediaan teknologi artificial intelligence (AI) bagi enterprise dan pelayanan kesehatan. Nuance didirikan pada tahun 1992 dan berbasis di Massachusetts, AS.

Nuance terkenal dengan Dragon System, yakni software voice recognition berteknologi Deep Learning yang dapat mentranskripsi percakapan dengan pengguna sekaligus meningkatkan akurasi setiap waktu dengan mengadaptasi suara penggunanya. Dragon System banyak digunakan untuk aplikasi layanan, salah satunya yang terkenal adalah teknologi personal assistant milik Apple, yakni Siri.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.