Layanan Google Tumbang Lagi, Warganet Bimbang dalam Kebingungan

Teknologi 8 Apr 2021

Layanan Google dikabarkan kembali tumbang. Namun, tumbangnya layanan Google ini hanya dirasakan oleh sebagian pengguna saja, terutama pengguna layanan internet Telkom, IndiHome.

Sebagaimana laporan Kompas, hingga pukul 12 siang tadi, layanan Google tetap tidak bisa diakses oleh pengguna Indihome. Dikabarkan, gangguan tersebut berlangsung sejak pagi tadi sekitar pukul 9.30 WIB.

Diamati dari peta dari laporan Downdetector, gangguan layanan banyak dialami pengguna di beberapa wilayah Pulau Jawa. Mereka yang terdampak mengeluhkan layanan Google yang tumbang di laman Twitter. Layanan yang banyak dikeluhkan mengalami gangguan adalah YouTube, Gmail, Google Search, Google Meet, Google Drive, dan Google Play.

Pihak IndiHome kemudian memberikan tanggapan atas keluhan yang banyak beredar di laman Twitter. Berdasarkan klarifikasi IndiHome, memang telah terjadi gangguan atas layanan Google.

Namun, pengguna layanan lain tidak ikut terdampak gangguan ini, dan masih dapat menggunakan layanan Google sebagaimana biasanya.

Sempat terjadi kebingungan manakah yang sebenarnya tumbang, apakah dari penyedia internet atau dari Google sendiri. Pihak Google masih belum memberi tanggapan terkait gangguan ini.

Tak hanya di Indonesia saja, gangguan juga terjadi di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Dikutip dari Detik, pada pencarian mengenai informasi gangguan layanan Google, tampak Indonesia, Singapura, dan sebagian kecil Malaysia, hingga Brunei Darussalam terdampak gangguan yang ditandai dengan warna merah dan kuning.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.