Sistem Tesla Autopilot Bisa 'Dikelabui' Tanpa Pengemudi di Balik Setir!

Teknologi 24 Apr 2021

Bicara mengenai teknologi sistem self-driving, Tesla dengan Autopilot memang merupakan yang paling terdepan. Meski begitu Tesla selalu memperingatkan untuk selalu waspada setiap saat ketika menggunakan teknologi Autopilot.

Berawal Dari Sebuah Kecelakaan

Berawal dari sebelumnya yang diberitakan melalui The Verge, terjadi kecelakaan fatal yang melibatkan sebuah Tesla Model S di Spring, Texas, yang menabrak pohon dan terbakar, menewaskan dua penumpang di dalamnya.

Belakangan diketahui bahwa menurut pihak Kepolisian setempat, kecelakaan tersebut disebabkan karena mobil tersebut bejalan pada mode Autopilot namun tanpa keberadaan pengemudi di balik setir. Hal ini sempat dibantah oleh CEO Tesla, Elon Musk melalui akun Twitter-nya yang mengatakan bahwa Autopilot sedang tidak bekerja ataupun mobil tersebut memang tidak dilengkapi dengan Full Self-Driving sejak awal pembelian.

Dapatkah Dikelabui?

Berdasarkan dari hasil investigasi kecelakaan tersebut, Consumer Reports, sebuah organisasi non-profit di Amerika Serikat pun menyatakan bahwa sangat memungkinkan untuk mengelabui sistem Tesla Autopilot untuk dapat bekerja walaupun tanpa pengemudi di balik setir.

Melalui situs resminya, Consumer Reports melakukan percobaan tersebut pada sirkuit tertutup dengan menggunakan sebuah Tesla Model Y. Pertama, penguji dari Consumer Reports menjalankan Model Y secara normal lalu mengaktifkan mode Autopilot dan mengeset kecepatan di 0 mph sehingga mobil dalam keadaan berhenti. Kemudian penguji berpindah ke sisi penumpang dan menempatkan pemberat dengan rantai untuk dipasangkan ke setir mensimulasi sebagai tangan di setir, lalu mengeset kecepatan kembali untuk Autopilot . Hasilnya adalah sistem Autopilot masih tetap berjalan walaupun penguji sudah berpindah ke sisi penumpang tanpa memberikan peringatan apa pun.

“Dalam evaluasi kami, sistem tersebut tidak hanya gagal untuk memastikan bahwa pengemudi masih memperhatikan, tapi juga gagal mengetahui jika pengemudi sama sekali tidak berada disana. Tesla sudah mulai tertinggal dibandingkan dengan pabrikan mobil lain seperti GM dan Ford, yang mana pada mobil dengan sistem pendamping pengemudi, menggunakan teknologi untuk memastikan pengemudi tetap melihat ke jalan," kata Jake Fischer, Senior Director dari Consumer Reports.

Lebih lanjut, Fischer juga mengatakan bahwa trik ini sangat mudah dilakukan selama beberapa parameter terpenuhi, seperti mengenakan sabuk pengaman, pintu dalam keadaan tertutup, dan adanya 'berat' di setir untuk memastikan bahwa terdapat tangan yang memegang.

"Mobil tersebut berkendara sejauh setengah mil dalam trek berulang kali. Tidak ada seorang pun berada di balik setir, tidak seorang pun yang menyentuh setirnya, sama sekali tidak ada pemberat di kursi pengemudinya," kata Fischer. "Itu tadi mengerikan ketika menyadari betapa mudahnya mengelabui sistem pengamannya, yang mana telah terbukti belum cukup ampuh." Lanjutnya.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut, bisa kalian tonton percobaan yang dilakukan oleh Consumer Reports berikut ini:

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.