Susul Apple, Google Kembangkan SoC Sendiri, Debut Mulai dari Pixel 6

Teknologi 3 Apr 2021

Google dikabarkan tengah mengembangkan SoC sendiri dengan kode "Whitechapel". Rumor ini bermula sejak awal 2020 lalu. Whitechapel sendiri nantinya digunakan tak hanya untuk ponsel saja, namun juga digunakan untuk Chromebook, sama seperti rival Google, Apple, yang lebih dulu menggunakan SoC yang mereka kembangkan sendiri untuk perangkat iPhone dan komputer mereka.

Google tentu tak sendirian dalam mengembangkan SoC ini. Mereka dibantu oleh Samsung yang sebenarnya juga memiliki SoC mereka sendiri, Exynos. Dapat dikatakan jika Whitechapel adalah "adik" dari Exynos.

Berdasarkan laporan dari 9to5google, Google siap merilis ponsel terbaru mereka, Pixel 6 dengan SoC Whitechapel pada musim gugur nanti. Pixel 6 jadi produk pertama yang bakal menggunakan SoC ini.

Sebuah dokumen yang didapat berdasarkan laporan tersebut, menyebut bahwa Whitechapel punya hubungan dengan proyek berkode "Slider". Google mereferensikan SoC Whitechapel dengan nomor kode GS101, yang kemungkinan arti dari GS tersebut adalah "Google Silicon".

Proyek Slider sendiri juga disebut punya hubungan langsung dengan Samsung dan SoC Exynos yang mereka kembangkan. Ini semakin memperkuat dugaan bahwa Whitechapel akan diproduksi oleh divisi semikonduktor milik Samsung.

Produk pertama yang akan diproduksi dalam proyek Slider ini, yang bakal menggunakan SoC Whitechapel sebenarnya ada 2, yakni ponsel dengan kode "Raven" dan "Oriole". Salah satu diantaranya akan jadi Pixel 6 dan satunya lagi belum diketahui.

Rencana Google untuk mengembangkan SoC sendiri terungkap melalui pernyataan CEO Google, Sundar Pichal pada Oktober tahun lalu yang menyebut Google mulai masuk ke tahap pembangunan dari segi hardware secara masif dalam roadmap 2021 ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.