Tak Lagi Dijual, Facebook Hentikan Produksi Headset VR Oculus Rift S

Teknologi 9 Apr 2021

Facebook mengumumkan bahwa perangkat headset Virtual Reality (VR) Oculus Rift S tidak akan diproduksi kembali bila perangkat tersebut telah habis di rak toko. Hal itu pun menandai berakhirnya masa hidup sistem perangkat VR tersebut.

Dilansir dari The Verge dan Kitguru, Facebook telah mengkonfirmasi bahwa “secara umum bila dalam semua saluran telah terjual habis, mereka tidak akan kembali memproduksi perangkat tersebut di masa mendatang”.

Seluruh perangkat headset VR Oculus Rift S tidak akan tersedia lagi melalui toko Oculus maupun platform ritel seperti Amazon dan Walmart di Amerika Serikat, kecuali untuk penjualan pihak ketiga.

Sebelumnya, Facebook telah mengumumkan pada tahun lalu bahwa mereka akan menghentikan produksi headset VR Oculus Rift S pada tahun 2021. Meskipun headset ini merupakan penerus dari Oculus Rift, perangkat ini “dikompromikan” pada beberapa fitur seperti resolusi layar dan kecepatan refresh, terutama bila dibandingkan dengan pesaingnya yang berbasis PC kelas atas seperti Valve Index.

"Digantikan" Oculus Quest

Sementara itu, Facebook mengalihkan fokusnya ke Oculus Quest, headset seluler yang juga dapat dihubungkan ke desktop PC. Hal ini yang menjadikannya secara fungsional sebagai pengganti Oculus Rift S.

Menurut beberapa laporan, strategi tersebut sangat berbeda dari rencana awal Oculus. Co-Founder Oculus, Brendan Iribe keluar dari perusahaann tersebut pada 2018 lalu, tepat setelah Facebook membatalkan perilisan headset Rift 2 yang dinilai lebih canggih.

Pendiri Oculus Palmer Luckey juga sempat menyinggung rumor tersebut di Twitter dengan mengatakan bahwa dia “ membayangkan dunia dimana Rift 2 tidak dibatalkan sesaat sebelum masuk produksi dan dibatalkan lagi demi harga yang jauh lebih rendah dari Lenovo Rebadge”.

Sementara itu, Facebook juga mengungkapkan bahwa Oculus Quest 2 tahun lalu telah terjual lebih banyak dari semua headset Oculus sebelumnya. Facebook juga mengatakan bahwa mereka tengah melanjutkan proyek Oculus Quest untuk kedepannya.

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.