TCL Fold ‘n Roll, Ponsel Konsep yang Bisa Dilipat dan Direntangkan

Teknologi 16 Apr 2021

Anda mungkin tidak terlalu mengenal tentang TCL. Tapi jika Anda menyimak langsung ajang Consumer Electronic Show (CES) Virtual 2021 bahwa merek asal Huizhou, China ini sempat memperkenalkan berbagai prototipe dari layar yang bisa direntangkan. Selanjutnya TCL pun memperkenalkan ponsel konsep yakni Fold ‘n Roll.

Dari Smartphone Menjadi Tablet

TCL memperkenalkan Fold ‘n Roll sebagai ponsel konsep yang dapat diubah menjadi tiga ukuran berbeda, yakni smartphone, phablet maupun tablet.

Dok: TCL

Konsep 3-in-1 ini dapat tercapai dengan ide yang simpel, yakni penggunaan engsel layar "DragonHinge" milik TCL yang dipadukan dengan extendable display panel yang diletakkan di bagian luar layar.

Hasilnya adalah smartphone berlayar 6.87 inci yang bisa diubah menjadi phablet berukuran 8.85 inci dengan melipat layar luar, lalu bisa direntangkan menjadi tablet besar berukuran 10 inci.

Dikutip dari GSMArena, pihak TCL mengatakan bahwa Fold ‘n Roll masih dalam tahap konsep sebagaimana menjelaskan bahwa mereka masih dalam tahap "menjelajahi spesifikasi teknis" sehingga masih belum jelas akan seperti apa spesifikasi dari ponsel konsep Fold ‘n Roll, maupun kapan ponsel tersebut dapat masuk jalur produksi.

Meskipun begitu, TCL merasa yakin sebagaimana mereka dapat membawa konsep tersebut ke jalur produksi, apalagi TCL juga berencana untuk merilis beberapa ponsel layar lipat sebelum akhir tahun 2021. Belum lagi mereka memiliki banyak konsep mengenai layar lipat dan layar yang dapat direntangkan sebagaimana yang mereka perlihatkan pada Consumer Electronic Show (CES) Virtual 2021.

Dikutip dari The Verge, TCL dapat saja mengincar pasar ponsel layar lipat dengan harga yang lebih terjangkau, apalagi Samsung dengan produk Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold 2 masih terlalu mahal. Belum lagi ponsel layar gulung LG yang dipastikan tidak menjadi kenyataan sebagaimana LG telah memutuskan untuk keluar dari bisnis smartphone. Sehingga menjadi kesempatan bagi TCL untuk yang pertama kali terjun di pasar ponsel layar lipat berharga terjangkau.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.