Toshiba Ditawari Akuisisi oleh CVC, Nilai Akuisisi Capai 21 Milyar Dollar AS

Teknologi 9 Apr 2021

Toshiba kini napasnya tengah tersengal, setelah beberapa tahun lalu melepas lini produksi laptop mereka kepada Sharp. Kini, kabar terbaru menyebutkan bahwa mereka bakal diakuisisi oleh CVC Capital Partners.

CVC ingin mencaplok Toshiba dengan harga 5.000 yen per saham, yang akan membuat nilai jual Toshiba menjadi 2,28 triliun yen atau setara dengan 21 milyar Dollar AS.

Meskipun tawaran tersebut cukup menggiurkan, namun sebagaimana laporan Bloomberg yang dikutip dari Kontan, Toshiba masih belum membicarakan proposal ini dengan Effisimo Capital Management sebagai pemegang saham terbesar Toshiba.

Jika Effisimo menerima tawaran CVC, maka ini akan menjadi akuisisi terbesar oleh private equity dalam beberapa tahun. Kabar penawaran akuisisi tersebut akan membuat saham Toshiba melesat hingga 18 persen.

Namun, CEO Toshiba, Nobuaki Kurumatani menyatakan bahwa perjalanan akuisisi ini akan melewati berbagai rintangan. Keterlibatan Toshiba dalam sejumlah industri pertahanan Jepang dapat mempersulit persetujuan pemerintah untuk penjualan aset Toshiba ke entitas asing.

Selain itu, Kurumatani juga harus berhadapan dengan para pemegang saham yang tidak puas atas kabar ini. Bulan lalu, investor mengeluarkan resolusi yang diajukan oleh Effissimo Capital Management menyerukan penyelidikan atas kewajaran pemungutan suara pada rapat pemegang saham tahunan 2020.

Kurumatani, yang merupakan eks Senior Executive CVC harus berjuang keras untuk mengembalikan kepercayaan investor. "Para pemegang saham mungkin menerima karena kesepakatan tersebut tampaknya menawarkan premi," kata Kepala Fund Manager di Shinkin Asset Management Co, Naoki Fujiwara.

Ini bukan kali pertama CVC melakukan akuisisi terhadap perusahaan asal Jepang. Sebelumnya pada tahun ini juga CVC membeli unit perawatan pribadi Shiseido Co. dengan kesepakatan senilai US$ 1,5 miliar.

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.