Twitch Gencar Basmi Viewbot dari Platform Streaming Mereka

Teknologi 17 Apr 2021

Memang bukanlah sebuah rahasia bahwa platform streaming Twitch selalu dilanda oleh masalah viewbot, yakni bot yang menyamar sebagai 'penonton palsu' dengan tujuan untuk menaikkan jumlah followernya, sehingga diharapkan streamer menjadi lebih populer di kalangan komunitas.

Dikutip dari Kotaku, maraknya penggunaan viewbot membuat Twitch melakukan tindakan tegas sebagaimana dengan pernyataan yang dikeluarkan melalui akun resmi Twitter mereka sebagai berikut:

"Kami telah melakukan monitoring terhadap kenaikan dari interaksi palsu di Twitch dan mengidentifikasi bahwa lebih dari 7.5 juta akun yang telah melanggar TOS (Terms of Service) kami dengan follow-botting dan wiew-botting. Kami telah melakukan tindakan atas akun tersebut dan mengapresiasi semua laporan yang masuk atas masalah tersebut."

Tindakan tegas yang dilakukan oleh Twitch sendiri memang bukanlah hal yang aneh, bahkan ada yang sampai ke ranah hukum. Contohnya pada tahun 2016 ketika Twitch mengambil tindakan hukum terhadap tujuh penjual dari viewbots. Selain itu mereka juga memenangkan gugatan terhadap pencipta viewbots, Michael and Katherine Anjomi di California, dengan dijatuhi denda sebesar 1,3 juta USD (18,2 Milyar Rupiah) sekaligus menutup situs penjualan viewbot tersebut.

Sebagai hasil dari tindakan tersebut, pihak Twitch memperingatkan bahwa mungkin ada penurunan jumlah follower secara signifikan sebagaimana dari tweet mereka sebagai berikut:

"Sebagai hasil dari penghapusan tersebut, kamu mungkin akan melihat penurunan mendadak dari jumlah follower kamu dan jumlah tontonan dalam beberapa hari kedepan."

Banyak streamer Twitch yang mengalami penurunan jumlah follower dari ratusan sampai ribuan. Namun diketahui ternyata ada beberapa streamer ternama yang mengalami hal serupa karena ketahuan menggunakan viewbot. Seperti yang dialami oleh Félix “xQc” Lengyel yang kehilangan 2.6 juta followers dalam beberapa hari menjadi 5.5 juta followers. Streamer kondang lain seperti Chance “Sodapoppin” Morris bahkan kehilangan jumlah followernya sampai setengahnya dari 6.5 juta menjadi 3.3 juta followers. Beberapa streamer ternama lain seperti Tyler “Ninja” Blevins, Michael “Shroud” Grzesiek, Raúl “Auronplay” Genes, dan Ali “Myth” Kabbani dikabarkan juga kehilangan ribuan followers mereka atas aksi 'bersih-bersih' dari Twitch.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.