2022 Chevrolet Corvette Debut di Jepang Dengan Konfigurasi Setir Kanan

Otomotif 7 Jun 2021

Sebenarnya mayoritas mobil buatan Amerika Serikat yang hanya tersedia dalam konfigurasi setir kiri bukanlah suatu keanehan. Apalagi mayoritas dari mobil USDM tidak tersedia dalam konfigurasi setir kanan dari pabrik, salah satunya adalah Chevrolet Corvette.

Sebelumnya bagi yang menginginkan Chevy Corvette (serta berbagai mobil USDM lainnya) dengan konfigurasi setir kanan, unitnya harus dikirimkan terlebih dahulu ke Australia atau Selandia Baru untuk dikonversi menjadi setir kanan, baru kemudian dikirim kembali ke negara tujuan. Ada beberapa perusahaan yang melayani proses konversi ini seperti Autogroup International, Crossover Car Conversion, atau Corvette Clinic yang mengkhususkan diri untuk konversi Corvette bersetir kanan.

Sekarang RHD 'Vette' Tersedia Dari Pabrik

Sebelumnya Chevrolet melalui General Motor Special Vehicles (GMSV) telah memperlihatkan Corvette C8 versi setir kanan (RHD) untuk beberapa pasar tertentu yakni Jepang, Australia, dan Inggris. Bahkan ketika pertama kali diperkenalkan di Jepang pada ajang 2020 Tokyo Motor Show, 300 unit yang dialokasikan untuk pasar Jepang dikabarkan telah terjual habis dalam seketika, dikutip dari Kuruma News.

Dok: Chevrolet

Setelah diperkenalkan tahun lalu, akhirnya Chevrolet resmi merilis Corvette C8 dengan konfigurasi setir kanan (RHD), pertama kalinya untuk pasar Jepang melalui acara broadcasting serta mengadakan acara demo run bagi para pemilik di Fuji Speedway 29 Mei silam, dikutip dari MotorTrend (4/6).

Untuk pasar Jepang sendiri, 'Vette' tersedia dalam jumlah terbatas melalui diler resmi Chevrolet di seluruh Jepang, dengan tiga varian yakni 2LT dan 3LT untuk coupe, serta varian convertible. Seluruh varian untuk pasar Jepang sendiri dilengkapi dengan Z51 Performance Package sebagai standar untuk 6.2L V8 LT2 meliputi free-flowing exhaust dan modifikasi pada cooling system. FYI, Z51 Performance Package sendiri merupakan opsional bagi Corvette spek USDM.

Dok: Chevrolet

Sedangkan harga untuk pasar Jepang adalah dimulai dari 11,8 juta Yen (1,53 Milyar Rupiah) untuk varian 2LT Coupe, 14 juta Yen (1,82 Milyar Rupiah) untuk varian 3LT Coupe, serta varian tertinggi yakni Corvette Convertible dengan harga 15,5 juta Yen (2,02 Milyar Rupiah).

Untuk pasar lainnya seperti Australia, Corvette RHD akan tersedia pada kuartal keempat 2021. Sedangkan untuk pasar Inggris baru akan tersedia pada tahun depan.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.