iPhone 6s Dapatkan Update iOS 15, Warganet Heran

Teknologi 9 Jun 2021

September ini menandakan bahwa Apple iPhone 6s/6s Plus akan genap berumur enam tahun sejak perilisan perdananya pada tahun 2015 silam. Namun yang paling mengejutkan adalah Apple ternyata masih memberikan perhatian bagi pengguna iPhone 6s/6s Plus dengan menyatakan bahwa kedua ponsel tersebut bersama dengan iPhone SE generasi pertama akan mendapatkan update iOS 15!

Six Years of Update Support is 'Insane'

Seperti yang diketahui, Apple secara resmi memperkenalkan iOS 15 melalui ajang Apple Worldwide Developer Conference 2021 selasa (8/6) dini hari tadi. Tentu saja dengan berbagai perubahan seperti notifikasi desain baru, fitur live text layaknya Google Lens, desain ulang dari iMessage, serta rombakan dari FaceTime sehingga memungkinkan pengguna Android dan iOS untuk melakukan video call ala aplikasi Zoom. Namun yang paling mengejutkan adalah Apple menyertakan iPhone 6 dan iPhone 6s Plus dalam daftar ponsel yang akan mendapatkan update iOS 15.

iPhone 6s, iPhone 6s, dan Generasi Pertama iPhone SE Mendapatkan iOS 15

Memang iPhone yang memiliki life span dalam bentuk software update yang tergolong panjang dibandingkan produsen ponsel lain yang menggunakan Android. Namun faktanya, iPhone 6s yang notabene sudah berumur enam tahun yang masih mendapatkan update iOS sampai sekarang adalah hal yang mengejutkan.

Sebagai perbandingan, iPhone 5S mendapatkan support hingga mencapai lima tahun ketika mendapatkan iOS 12 untuk terakhir kalinya. Bahkan iPhone 6 yang dirilis setahun setelah iPhone 5S hanya 'mentok' sampai iOS 12, empat tahun setelah dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Menjadikan iPhone 6s sebagai ponsel Apple dengan life span terlama.

Memang ada beberapa fitur yang tidak tersedia pada iPhone 6s dengan prosesor A9 Bionic miliknya, seperti Live Text, FaceTime dalam bentuk potrait, dan walking direction pada Apple Maps. Keberadaan iOS terbaru tentu saja memperlambat kinerja iPhone lama seperti 6s, walaupun kemungkinan ini tidak akan menjadi masalah serius.

Warganet Keheranan

Konfirmasi Apple pada dukungan iOS 15 terhadap iPhone 6s menjadi pembicaraan hangat di sosial media Twitter hingga menjadi trending. Ada sebagian yang menyatakan kegembiraannya karena Apple masih mau memberikan update iOS 15. Seperti dari berbagai cuitan sebagai berikut:

Namun tentu saja ada beberapa warganet yang keheranan serta menyindir bahwa iPhone 6s masih saja mendapatkan update iOS 15, mengingat bahwa iPhone 6s sudah dianggap 'jadul' untuk menerima update iOS terbaru, beranggapan bahwa iOS 15 tidak akan bisa berjalan lancar pada ponsel seperti iPhone 6s, sebagaimana dalam cuitan berikut ini:

iOS 15 akan tersedia dalam versi beta untuk para pengembang mulai Selasa ini (8/6), sementara publik akan dapat menguji iOS terbaru ini pada bulan Juli mendatang. Versi final dari iOS 15 direncanakan akan dirilis untuk publik pada musim gugur tahun ini.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (ΰΉ‘>β—‘<ΰΉ‘)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.