Mobil Baru Pekan Ini : Hyundai Alcazar di India dan Dua Mobil Baru Honda

Otomotif 27 Jun 2021

Kembali lagi di Mobil Baru Pekan Ini, yang kali ini datang dari pabrikan yang sama-sama punya emblem H. Yup, Hyundai dan Honda baru saja meluncurkan beberapa mobil barunya pada pekan ini, apa saja sih mobil baru yang diluncurkan oleh kedua pabrikan ini?

Alcazar, Hyundai Creta Tiga Baris di India

Hyundai di India baru saja memperkenalkan varian tiga baris dari SUV andalan mereka, Creta. Mobil yang kemudian dikenal sebagai Hyundai Alcazar ini hadir dengan varian mesin bensin 2.000 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 159 PS dan torsi 192 Nm dan varian mesin yang paling India banget, diesel berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga mencapai 115 PS dan torsi 250 Nm..

Punya tampang yang hampir sama kayak Hyundai Creta, namun dengan sedikit ubahan yang membuat Alcazar tampil lebih berbeda ketimbang Creta. Sisanya, beda banget ketimbang Creta, termasuk desain pillar C yang mirip DFSK Glory 560 yang dijual di tanah air.

Alcazar hadir dengan konfigurasi 6 dan 7 tempat duduk dengan adanya captain seat di varian 6 penumpang. Plus dashboardnya juga mengusung teknologi yang sama dengan produk Hyundai yang lain. Misal instrument cluster digital, head unit layar sentuh, pengaturan AC digital, dan lain sebagainya.

Hyundai Alcazar dijual mulai dari 16,3 Lakh Rupee atau 317 Jutaan Rupiah, sampai 19,9 Lakh Rupee atau 387 jutaan Rupiah.

Honda Civic Hatchback Generasi Terbaru

Setelah meluncurkan Civic Sedan generasi terbaru pada beberapa bulan silam, Honda akhirnya memperkenalkan generasi terbaru dari Civic Hatchback di Amerika Serikat dan juga Jepang.

Civic Hatchback generasi terbaru ini hadir dengan desain yang terinspirasi dari mobil Coupe, especially dengan desain Sporty Euro-inspired yang membuat mobil ini menjadi sporti, namun tidak menghilangkan kedewasaan pada desain fascia depan.

Masuk ke interior, banyak perubahan yang terjadi di dalam interiornya, sehingga terlihat lebih simpel nan mewah. Misal dengan penggunaan elemen metal bermotif hexagonal pada kisi AC-nya, pengunaan panel instrumen 10,2 inchi digital, head unit berukuran 7 inci atau 9 inci, serta Honda juga memakai cincin metal pada kenop putaran AC-nya.

Tak lupa, untuk beberapa negara, Civic Hatchback baru ini datang dengan sistem Honda Sensing, meliputi fitur Traffic Jam Assist, Adaptive Cruise Control yang telah direvisi, dan sistem Lane Keep Assist, sebagai standar

Mesinnya ada dua varian, mesin 2.000cc N/A atau 1.500cc Turbo. Yang versi turbonya bisa menghasilkan 180 hp dan 240 Nm of torque, yang dipadu dengan transmisi CVT dan manual 6 speed.

Honda City Hatchback, dengan mesin Hybrid

Sementara itu di Thailand, Honda baru saja memperkenalkan City Hatchback. Namun bedanya dengan yang beredar di jalanan belakangan ini, ia kedapatan mesin e:HEV yang sama dengan varian sedannya di Thailand dan juga di Malaysia.

Mesin konvensional 1.500cc 4 silinder bertenaga 98 PS dan 127 Nm of torque ini berpadu dengan motor listrik bertenaga 109 PS dan 253 Nm of torque bertransmisi E-CVT.

Selain mesin, perbedaan lain yang ada di varian Hybrid ini meliputi instrument cluster digital, regenerative brake paddle shift, electric parking brake dan Honda Sensing dengan Honda LaneWatch.

Dijual seharga 849 ribu Bath atau 384 jutaan Rupiah, City hatchback Hybrid ini bisa jadi opsi menarik bagi Honda Prospect Motor untuk memboyongnya ke Indonesia, mengingat hanya City Hatchback Hybrid lah yang membawa mesin hibrida di kelasnya.

Demikian rangkuman beberapa mobil baru yang meluncur pekan ini. Jika ada kritik dan masukan sila komentar dibawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.