[OPINI] Maaf Kawan, tapi Windows 11 Tidak Semirip Itu dengan macOS

Teknologi 18 Jun 2021

Sudah banyak postingan yang berseliweran di linimasa terkait dengan bocoran sistem operasi Windows terbaru, yang digadang-gadang sebagai Windows 11, termasuk juga artikel yang satu ini. Dan dari beberapa postingan atau artikel, banyak yang berkomentar jika tampilan UI nya mirip dengan macOS.

Namun, saya benar-benar sangsi, dan berpendapat jika tampilan Windows 11 tidak semirip itu dengan macOS. Meskipun pinned apps nya berada di tengah, bersama dengan tombol pencarian dan menu, tidak lantas membuat Windows 11 mirip dengan macOS.

Jika dilihat dari taskbar nya, sangat berbeda dengan dock pada macOS, yang masih menyisakan ruang di bagian kiri dan kanan dock. Taskbar pada Windows 11 terlihat melintang dari ujung ke ujung.

Tampilan Explorer dan taskbar pada Windows 11.

Pada taskbar di Windows 11, isinya bukan hanya tombol start menu dan pinned apps saja, namun juga jam dan tanggal, ikon-ikon sistem serta tombol notifikasi, seperti pada Windows 10. Berbeda dengan macOS yang notifikasi, jam dan tanggal, serta ikon-ikon sistem yang berada di menu bar yang ada di atas layar.

Tampilan dari layar macOS, termasuk dock dan About This Mac.

Untungnya, tombol start menu dapat digeser dan diletakkan di pojok kiri bawah sebagaimana Windows 10 yang sudah familiar.

Susunan dari start menu di Windows 11 juga sangat berbeda dengan launchpad pada macOS. Isi dari launchpad pada macOS semuanya aplikasi dan kolom pencarian, sedangkan pada Windows 11 ada susunan aplikasi yang di-pin, rekomendasi dari Microsoft Store, kolom pengguna, sampai tombol daya.

Isi dari launchpad pada macOS.

Launchpad pada macOS pula terbuka secara penuh sehingga pilihan aplikasi dapat terlihat. Sedangkan start menu di Windows 11 tidak terbuka secara penuh memenuhi layar, dan letaknya berada di tengah layar secara horizontal.

Tampilan start menu pada Windows 11.

Kemudian widget, fitur yang akhirnya kembali ke Windows. Setelah fitur ini absen dari Windows setelah Windows 7, yaitu Windows 8 sampai ke Windows 10, akhirnya fitur ini kembali dengan tampilan yang lebih segar.

Namun, widget di Windows 11 berbeda dengan widget yang hadir di macOS. Dari letaknya, widget pada Windows 11 berada di sebelah kiri, sedangkan di macOS terletak di sebelah kanan, di dalam pusat notifikasi. Bentuknya pun juga berbeda. Pada macOS, sangat khas dengan persegi yang ujungnya membulat, sedangkan pada Windows 11, justru ujungnya runcing, seperti biasa.

Lalu, OS apa yang bisa disebut mirip dengan Windows 11 ini? Saya sempat berpikir jika OS distribusi Linux seperti Deepin atau ZorinOS punya kemiripan dengan kandidat OS Windows terbaru ini. Demikian juga dengan ChromeOS atau Manjaro. Terlebih kemiripan tersebut terletak pada taskbar nya, persis sebagaimana apa yang ada dalam pikiran saya.

Meskipun begitu, yang jelas, apa yang beredar sekarang baru sekadar bocoran saja. Kita nantikan saja bagaimana tampilan dan berbagai fitur Windows generasi baru ini yang bakal hadir pada 24 Juni nanti. Hingga waktunya tiba, kita nikmati saja

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.