[OPINI] Tak Perlu Buru-Buru Upgrade PC demi Menikmati Windows 11!

Teknologi 27 Jun 2021

Windows 11 sudah resmi diperkenalkan Kamis (24/6) lalu dan bakal meluncur di pasaran pada musim liburan yang jatuh pada Desember nanti. Segala hal teknis mulai dari fitur hingga spesifikasi yang dibutuhkan, bahkan disarankan juga telah diumumkan.

Beberapa ada yang senang dengan fitur-fitur menarik seperti Auto HDR pada saat bermain gim, atau dukungan untuk aplikasi Android melalui Amazon Store. Namun banyak juga yang kecewa karena setelah melihat persyaratan sistem, perangkat yang mereka miliki tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut. Dan sekarang, chip TPM atau Trusted Platform Module harganya melambung selepas pengumuman penerus Windows 10 ini.

Bagi kamu (dan saya juga), yang mempunyai perangkat komputer yang tidak memenuhi persyaratan sistem untuk dapat menginstal Windows 11, tak perlu khawatir, panik, bahkan sampai depresi. Masih ada banyak waktu sampai Windows 11 rilis secara umum, yang bisa dibilang tinggal setengah tahun lagi.

System requirement yang cukup ketat ini juga tentu beralasan, mengingat banyak fitur baru yang ditanamkan pada Windows 11 kali ini, sehingga dikhawatirkan performa PC tidak maksimal jika menggunakan perangkat yang tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Dengan waktu yang terbilang cukup lama tersebut, kamu tidak perlu terburu-buru untuk membeli semuanya sekarang. Bagi kamu yang belum memiliki dana, akan lebih baik setelah membaca artikel opini ini, kamu mulai niatkan untuk menabung. Jangan lupa juga untuk terus cek spesifikasi yang dapat menjalankan Windows 11 dengan lancar, sekalian juga mengecek harga dari komponen yang kamu incar.

Bagi kamu yang sudah cukup dananya, kamu bisa langsung bergegas untuk mencari bagian yang perlu kamu upgrade, mau itu prosesor, RAM, motherboard, sampai ke kartu grafis. Ingat, di masa sekarang harga dari komponen-komponen tersebut masih terbilang cukup tinggi dan stoknya di pasaran juga terbatas. Jadi, jangan sampai kamu rebutan dengan yang lain,ya!

Perlu diingat, upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 itu gratis! Jadi jika kamu sudah mendapat komponen yang kamu inginkan, kamu bisa menginstal Windows 10 lebih dulu, sampai waktunya Windows 11 rilis secara umum.

Bagi yang sudah mendapat build Insider nya, selamat menikmati fitur-fitur yang ada pada Windows 11. Jangan lupa untuk terus memberi masukan kepada tim developer Windows agar Windows 11 bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Sekarang, sudahi tangismu, mulailah menabung! Semoga dalam 6 bulan ke depan, harga berbagai komponen komputer yang kamu incar bisa segera turun dan bisa kamu beli.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.