Pembaruan Windows 11 Bakal Gratis Untuk Windows 7, 8.1 dan 10

Teknologi 21 Jun 2021

Kabar terbaru dari dunia teknologi, kali ini dari Microsoft yang telah menetapkan tanggal peluncuran versi sistem operasi Windows terbaru mereka, Windows 11 pada tanggal 24 Juni mendatang.

Desas desus yang beredar, Microsoft akan memberikan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Namun, tidak hanya pengguna Windows 10 saja. Pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 diisukan bakal mendapat pembaruan ini juga secara gratis.

Pernah Melakukannya di Windows 10

Sebelumnya, saat Microsoft meluncurkan Windows 10, mereka juga melakukan hal yang serupa: Memberikan update ke Windows 10 secara gratis bagi pengguna Windows 7, 8 dan 8.1. Hal ini dilakukan guna membawa lebih banyak orang untuk beralih ke sistem operasi Windows terbaru, serta dapat memindahkan orang dari sistem operasi yang telah tidak didukung lagi secara aman.

XDA Developers pun melihat beberapa kunci konfigurasi produk dalam bocoran Windows 11 yang membawa judul Windows 7 dan Windows 8.1. Kunci-kunci ini bisa menjadi indikasi Microsoft membawa Windows 11 sebagai pembaruan gratis untuk pengguna pada sistem operasi Windows yang lebih lama.

Windows 8 Tidak Dukung Upgrade Gratis Windows 11?

Namun, yang menarik untuk dicatat bahwa Windows 8 bukan merupakan bagian dari kunci konfigurasi. Ini menunjukkan bahwa pengguna di Windows 8 mungkin diminta untuk memperbarui OSnya ke Windows 8.1 terlebih dahulu, sebelum pindah ke Windows 11.

Windows 10 Sistem Operasi Windows Terbesar Kedua di Dunia

Menurut data yang disediakan oleh platform analitik Statcounter, Windows 7 adalah sistem operasi Windows terbesar kedua di dunia setelah Windows 10, dengan 15,52 persen pangsa pasar per Mei 2021. Diikuti oleh Windows 8.1 yang memiliki pangsa 3,44 persen. Sebaliknya, Windows 8 memiliki pangsa 1,27 persen.

Namun, Microsoft Bertindak...

Dengan bocornya tampilan Windows 11, Microsoft pun 'triggered'. Mereka dikabarkan tengah melaporkan ke Google terkait adanya tautan yang berisi link 'bocoran' unduhan Windows 11.

Seperti yang diungkap Techradar, Senin (21/6/2021), permintaan Microsoft tersebut memiliki subjek keluhan penghapusan Digital Millennium Copyright Act (DMCA), yang menandakan perusahaan ingin menghentikan penyebaran tautan Windows 11.

Dalam keluhan itu, tertulis Microsoft ingin menghapus build 21996.1. Build version ini juga dirujuk dengan nama 'Windows 11' seperti yang ditulis Microsoft.

Diketahui link ini disebar dari halaman situs teknologi India bernama Beebom.com. Namun, halaman tersebut menghosting Windows 11 ISO dari hasil pencarian yang nyatanya dibuat oleh perusahaan Microsoft di Jepang.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.