TEAMGROUP Luncurkan Memory DDR5 Pertama!

Teknologi 29 Jun 2021

TEAMGROUP dikenal sebagai produsen memory (RAM) yang selalu mengeluarkan produknya di semua segmen, baik dari segmen entry level dengan seri Elite nya, segmen mid to high dengan seri T-FORCE nya, dan untuk segmen creator dengan T-CREATE.

Nampaknya, seri-seri yang telah disebutkan diatas, sudah dianggap "khatam" oleh TEAMGROUP karena seri-seri tersebut berjalan menggunakan platform DDR4, dan kini TEAMGROUP menggebrak dunia perkomputeran karena mereka telah merilis bahkan menjual memory DDR5 untuk pertama kali ke publik. Dikutip dari Wccftech (29/6), memory DDR5 tersebut dijual oleh TEAMGROUP melalui marketplace online seperti Amazon dan Newegg, serta beberapa toko retail lain.

Spesifikasi Memory DDR5 TEAM Elite

Menurut situs resmi dari TEAMGROUP, spesifikasi memory DDR5 dari lini TEAM Elite yang diluncurkan adalah sebagai berikut:

Module Type : DDR5 288 Pin ECC Unbuffered DIMM
Frequency Speed : 4800MHz
Timing Latency : CL40-40-40-77
Capacity : 16GB x 2
Bandwith : 38400 MB/s (PC5 38400)
Voltage : 1.1V
Dimension : 32 (H) x 134 (L) mm

Kecepatan frequency 4800MHz tersebut merupakan speed JEDEC, atau bisa dibilang speed default dari suatu memory. Artinya, kecepatan memory dari TEAM tersebut hampir 2x lipat dari platform DDR4 dengan asumsi bahwa yang digunakan adalah seri TEAM Elite yang paling rendah (memory DDR4 Team Elite yang tidak menggunakan heatsink paling rendah memiliki speed 2133 MHz). Namun timing yang digunakan terbilang sangat "longgar" jika dibandingkan dengan platform DDR4 yang biasanya memiliki CL16-CL22. Namun masih belum terlihat perbandingan secara jelas karena belum ada platform yang mendukung DDR5 untuk saat ini.

Ludes Meskipun Belum Ada Platform yang Mendukung

Meskipun untuk saat ini platform yang dipakai untuk prosesor dan motherboard terbaru yang mendukung Intel Core i generasi ke 11 (Rocket Lake) dan AMD Ryzen 5000 series (Zen3) masih menggunakan platform DDR4, tetapi penjualan memory DDR5 TEAM Elite tersebut tetap laku keras. Meskipun belum ada platform yang mendukung memory DDR5, rencananya Intel akan menggunakan memory DDR5 pada platform "Alder Lake" yang akan dirilis nanti. Dikutip dari Wccftech, sepertinya para user dan "scalper" telah memborong habis memory ini ditengah isu akan langkanya memory DDR5 yang akan datang akibat Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

Rencana TEAMGROUP Terhadap Memory DDR5

Selain TEAM Elite, TEAMGROUP juga mengkonfirmasi bahwa seri T-Force juga akan mengeluarkan memory DDR5 dengan kemampuan Overclocking, yang dimana harusnya bisa lebih kencang dari seri Elite ini. Selain itu, TEAMGROUP juga sudah mulai memberi sampel memory DDR5 kepada sejumlah produsen motherboard untuk di validasi terhadap produk mereka yang akan datang.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.