TikTok Diduga Diam-Diam Kumpulkan Data Wajah Pengguna

Teknologi 9 Jun 2021

Kabar terbaru datang dari aplikasi video pendek dari Tiongkok, TikTok. Aplikasi tersebut dikabarkan merubah kebijakan privasinya, dimana TikTok kini dapat mengumpulkan data wajah, suara dan sidik jari dari para penggunanya.

Diklaim untuk 'Keamanan Pengguna'

Dikutip dari TechCrunch, bagian pertama dari pembaruan itu menjelaskan mereka dapat mengumpulkan informasi tentang gambar dan audio yang ada di konten pengguna.

Perubahan pada kebijakan privasi TikTok yang dirilis di Amerika Serikat pada Rabu (3/6) tersebut diklaim untuk keamanan dan informasi biometrik dari konten penggunanya.

"Kami dapat mengumpulkan informasi tentang gambar dan audio yang merupakan bagian dari konten pengguna seperti mengidentifikasi objek dan pemandangan yang muncul, keberadaan dan lokasi dalam gambar dan atribut wajah dan tubuh, sifat audio, dan teks kata-kata yang diucapkan di Konten Pengguna Anda," bunyi kebijakan TikTok yang diubah.

TikTok Masih 'Bungkam'

Hingga saat berita ini tayang, TikTok enggan berkomentar soal pengembangan fitur apa yang diwajibkan untuk disertai penambahan data biometrik penggunanya. Meski begitu, pihaknya menjelaskan akan meminta persetujuan pengguna, jika praktik pengumpulan data itu dimulai.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.