Besok! Mari Sambut Comivuro! Pasar Kreatif Indonesia Virtual Perdana Persembahan Comic Frontier

Pop Kultur 16 Jul 2021

Comic Frontier kembali hadir menyapa para Insan Kreatif Indonesia dalam perhelatan pasar kreatif bertajuk Comic Frontier Virtual (Comivuro) yang akan dilaksanakan secara virtual pada 17-18 Juli mendatang (Foto: Comic Frontier).

Setelah berselang setahun tidak diadakan akibat pandemi yang melanda, perhelatan pasar kreatif Indonesia Comic Frontier (Comifuro) akan segera kembali hadir pada 17 - 18 Juli mendatang. Kini, Comifuro untuk pertama kali diadakan sebagai event virtual bertajuk “Comic Frontier Virtual (Comivuro)” yang diperuntukan bagi para insan yang telah rindu dengan kemeriahan pasar doujinshi.

Pertama Kali dalam Bentuk Daring!

Comivuro merupakan event online pertama yang dilaksanakan oleh Comifuro, oleh sebab itu venue acara pun akan dilakukan secara virtual. Comivuro akan diadakan di dua tempat secara bersamaan, yakni "Main Stage'' yang menggunakan platform live stream di YouTube serta channel Discord sebagai “Virtual Space” untuk Circle dan pengunjung umum.

"Main Stage" dan "Virtual Space" ini akan menjadi kesatuan bagi partisipan dan circle untuk saling berinteraksi. Tidak hanya berinteraksi melalui chat di aplikasi Discord, Partisipan dan Circle juga bisa terlibat langsung dalam konten acara yang disiarkan secara langsung melalui live stream, sehingga pengunjung tidak hanya menonton tapi bisa ikut serta aktif di event ini dan merasakan sedikit pengalaman berada di event offline.

Comivuro akan dimeriahkan oleh para Virtual Youtuber alias VTuber yang akan menghibur kalian selama perhelatan berlangsung. Acara ini mengusung penggabungan dunia nyata dengan dunia virtual di mana acara akan dipandu oleh MC dari dunia nyata bersama dengan MC dari dunia virtual.

Jadwal dan Pengisi Acara

Rundown Hari Pertama untuk Comic Frontier Virtual / Comivuro (Foto: Comic Frontier).

Pada hari pertama, Naocchi sebagai MC dari dunia nyata akan ditemani oleh Kureiji Ollie dan Ayunda Risu dari Hololive Indonesia menjadi pembawa acara akan menemani pada hari pertama Comivuro. Tidak ketinggalan Airani Iofifteen yang memeriahkan sesi Live Drawing di hari pertama, serta Pavolia Reine dan Anya Melfissa sebagai guest stars pada sesi Talkshow dan Moona Hoshinova yang akan mengadakan live virtual concert di hari kedua.

Tak kalah meriah, di hari kedua acara akan dipandu oleh Luthfi sebagai perwakilan dari dunia nyata yang ditemani oleh Riksa Dhirendra dari Liver NIJISANJI ID sebagai pembawa acara virtual di Comivuro. Turut hadir Siska Leontyne dan Layla Alstroemeria dari NIJISANJI ID yang akan menjadi Guest Star dalam sesi Talkshow.

Rundown Hari Kedua untuk Acara Comivuro (Foto: Comic Frontier).

Tidak hanya itu, Comivuro juga menggandeng para Virtual YouTuber independen yaitu Evelyn VTuber, Chloe Pawapua, Reynard Blanc dan Lily Ifeta yang akan menggelar konser virtual di hari pertama. Sedangkan di hari kedua, Comivuro juga kedatangan perwakilan dari Muse Indonesia selaku distributor anime legal di Indonesia untuk mengadakan sebuah acara Talkshow.

Comivuro akan kembali menghadirkan Diskusi Panel yang diperuntukan bagi teman-teman fans, komunitas, akademisi hingga podcaster yang ingin berbincang dan berdiskusi dengan topik seputar budaya populer. Nantinya, Diskusi Panel akan dilakukan secara online melalui Conference Call dengan panelist terpilih yang akan disiarkan melalui livestream video di YouTube Comifuro. Selain itu, sesi tanya jawab selama Diskusi Panel pun bisa dilakukan melalui fitur live chat yang tersedia ketika melakukan Livestream.

Comivuro juga mengadakan kontes online yang menarik, yakni NIJISANJI ID Fanart Contest dan Gangster Cosplay Photo Content. NIJISANJI ID Fanart Content diperuntukan bagi kreator yang ingin membuat Fanart dari karakter para Liver NIJISANJI ID. Nantinya beberapa submisi terpilih akan di-review secara langsung oleh Layla Alstroemeria dan Siska Leontyne saat acara berlangsung.

Sedangkan, Gangster Cosplay Photo Content diperuntukan bagi siapapun yang memiliki passion dalam ber-cosplay. Sesuai dengan tema yang diusung, partisipan bisa melakukan submisi foto cosplay bertemakan Gangster terbaik miliknya. Nantinya beberapa submisi foto terpilih akan di-review juga secara langsung oleh para pembawa acara di hari pertama yaitu Naocchi, Kureiji Ollie dan Ayunda Risu.

Streaming DJ Virtual oleh OtaGroove di Comivuro (Foto: Comic Frontier).

Comivuro turut menghadirkan para DJ dari OtaGroove yang akan mengadakan “Virtual Party” melalui Comivuro DJ Night yang berlangsung pada hari pertama, 17 Juli 2021. Penampilan live dari teman-teman OtaGroove akan disiarkan secara langsung melalui Twitch dalam tautan berikut ini: https://www.twitch.tv/otagroove.

Bagi kalian yang memang sudah rindu dengan kemeriahan dari pasar kreatif Comic Frontier,  pastikan diri kalian tidak melewatkan perhelatan Comivuro yang akan dilaksanakan secara virtual melalui pada 17 – 18 Juli mendatang, ya!

Yuk Masuk ke Discord Comic Frontier!

Kalian bisa mengikuti acara ini secara langsung melalui channel youtube Comic Frontier di https://www.youtube.com/user/ComicFrontier. Sedangkan, untuk market area dan virtual stage, kalian bisa join ke server Discord Comifuro di link berikut ini: https://discord.com/invite/ytg54yR.

Sampai jumpa di Comic Frontier Virtual!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.