Kyoto Animation Rilis Video Memorial Untuk Mengenang Peristiwa Pembakaran Studio

Pop Kultur 18 Jul 2021

Hari ini, 18 Juli 2021 menandakan dua tahun sejak insiden pembakaran Studio 1 Kyoto Animation terjadi, yang menewaskan 36 orang dan 33 orang luka-luka. Kyoto Animation pun merilis video memorial sepanjang 10 menit melalui channel YouTube KyoaniChannel untuk mengenang peristiwa tersebut.

Video memorial sendiri tidak tersedia untuk embedded, jadi kalian bisa menontonnya secara langsung disini. Video ini hanya tersedia sepanjang hari ini, 18 Juli waktu Jepang.

Sebagaimana yang dikutip dari Anime News Network (18/7), video ini hadir sebagai pengganti acara tatap muka karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Video memorial dimulai dari mengheningkan cipta selama satu menit, lalu dilanjutkan dengan pesan tentang bagaimana kejadian yang meregang banyak nyawa tersebut masih membekas bagi pihak studio, dan bagaimana mereka untuk tetap tegar dari peristiwa tersebut sambil menyimpan kenangan mereka.

Selanjutnya adalah pesan yang disampaikan oleh para keluarga korban, para staf, serta berbagai pihak yang terlibat di studio, walaupun tidak dicantumkan nama dalam kredit video. Di akhir video pun Kyoto Animation menyatakan akan terus berkarya demi memenuhi harapan semua orang.

Kilas Balik Peristiwa

Pada 18 Juli 2019, kebakaran besar melanda bangunan Studio 1 Kyoto Animation dengan 70 orang berada dalam bangunan tersebut ketika kebakaran terjadi, termasuk seorang pria berumur 40 tahun yang kebetulan menuju ke lokasi setelah luka-luka akibat kepulan asap.

Kepolisian Prefektur Kyoto menahan pelaku berusia 41 tahun yang diduga membawa 40 liter bensin untuk dituangkan sepanjang bangunan dan menyiram ke sejumlah orang untuk memulai kebakaran. Kejaksaan Jepang kemudian menetapkan Shinji Aoba sebagai tersangka insiden pembakaran studio Desember silam.

Sisa bangunan Studio 1 kemudian diratakan dengan tanah pada April 202 silam, dan Kyoto Animation mulai kembali  merekrut staf pada Juli 2020.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.