[Mobil Baru Pekan Ini] Toyota Aqua Generasi Kedua : The Useful Compact Car

Otomotif 24 Jul 2021

Apa yang MedForians terbayang saat mendengar nama Aqua? Useless Goddess dari salah satu anime bertajuk "Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku o!" yang dikenal akan kejenakaannya. Tapi berbeda dengan karakter fiksi tersebut, Aqua yang satu ini bisa kamu kendarai sebagai kendaraan yang berguna untuk kegiatan sehari-hari! Selamat datang di Mobil Baru Pekan Ini yang kedatangan Toyota Aqua Generasi Kedua!

Mobil yang dikenal juga sebagai Prius C ini merupakan mobil yang sejenis kayak Yaris dan Jazz, tapi dengan mesin hybrid khas Toyota. Bahkan, platform yang digunakan pun juga sebasis dengan Yaris JDM (bukan Yaris Lele atau Yaris Joker yang dijual di Indonesia). Lalu seperti apa Toyota Aqua generasi kedua ini?

Dibangun Dari Platform Yaris JDM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Toyota Aqua generasi kedua ini dibangun dari platform yang sama dengan Yaris JDM. Yup, sasis TNGA-B ini juga dipakai sama Yaris yang dijual di pasar domestik Jepang. Dan seperti yang kalian tahu, TNGA memberikan rasa berkendara yang lebih mantap dan fun to drive. Plus, dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 20%!

Dengan menggunakan platform TNGA-B dalam bodi kompak yang sama seperti sebelumnya, Aqua generasi kedua ini dapar menghadirkan bodi dengan rigiditas tinggi, ketenangan luar biasa, dan pengendaraan yang stabil. Sambil mempertahankan ukuran bodi yang kompak dan sama yang ideal untuk kondisi jalan di Jepang, jarak sumbu rodanya diperpanjang hingga 50 mm, yang memberikan ruang lebih besar terutama untuk penumpang yang duduk di kursi belakang, dan memperluas ruang bagasi.

Fitur-fiturnya Lebih Useful Seperti Yang Kalian Kira

Jika Aqua di Konosuba dikenal sebagai Useless Goddess, maka Toyota Aqua ini bisa disebut Useful Compact Car. Alasannya karena bisa menunjang kehidupan sehari-hari sebagai warga perkotaan.

Misal dengan hadirnya Comfort Pedal yang menambah “regenerative braking” ketika mengangkat kaki dari pedal. Sehingga pengemudi bisa mengoperasikan Aqua hanya dengan satu pedal saja. BTW, fitur serupa bisa kamu temukan di Nissan Kicks E-Power atau di mobil listrik BMW i3s yang dijual di Indonesia.

Fitur lainnya ialah Toyota Safety Sense yang juga berguna untuk meningkatkan keamanan bagi pengendara dan penumpang dari mobil ini, kemudian Cruise Control adaptif yang berguna saat bepergian lewat tol trans Jawa, bahkan ada fitur power supply dengan power outlet (AC100 V / 1,500 W) yang sangat berguna di kondisi yang sangat genting seperti pemadaman listrik.

Dan untuk pertama kalinya di dalam mobil kompak Toyota, All New Aqua dilengkapi dengan Toyota Teammate Advanced Park dan Parking Support Brake, yang memudahkan pengemudi untuk memakirkan kendaraannya.

Mesin Hybrid Yang Iritnya Bukan Main!

Sebagai mobil yang mengutamakan efisiensi bahan bakar, Toyota Aqua hadir dengan mesin hybrid atkinson cycle 1.500cc 3 silinder Dynamic force dengan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm + Toyota Hybrid System II dengan motor listrik bertenaga 80 PS dan torsi 141 Nm yang disalurkan ke dua roda depan atau ke semua roda dengan teknologi E-Four. Konsumsi BBM nya bisa mencapai 35.8 km/L.

Untuk baterainya sendiri masih tetap dengan jenis nickel-metal hydride (NiMH), tapi yang berbeda ialah Aqua menggunakan teknologi bipolar yang pertama diterapkan di mobil hybrid di dunia. Menerapkan katoda ke satu sisi dari setiap kolektor arus dan anoda ke sisi lainnya. "Elektroda bipolar" ini meminimalkan jumlah pengumpul arus dan bagian lain yang digunakan, membuat sel baterai yang ditumpuk lebih kompak, namun dengan output yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

Eksterior yang makin estetik, Interior yang lebih cakep dan Harga Yang Reasonable

Eksterior Toyota Aqua generasi kedua ini masih mempertahankan ciri khas dari generasi sebelumnya. Namun ia ketambahan lampu depan LED dengan desain baru, desain bumper depan, sisi samping dan sedikit ubahan desain belakang yang lebih segar dan warna Clear Beige yang membuat mobil ini terlihat semakin estetik.

Di interiornya, berbagai fungsi telah disatukan untuk menciptakan ruang yang sederhana, bersih, dan tampak elegan. Kabinnya memiliki ornamen dan sandaran tangan berbalut kulit sintetis yang lembut, dan kursi berlapis kulit sintetis yang nyaman dan nyaman; penyimpanan kabin juga telah dirancang secara cerdas dengan mengutamakan kenyamanan. Misalnya kotak tisu dapat disimpan di kotak atas kursi penumpang depan, sementara baki geser konsol tengah memungkinkan kabel pengisian daya disimpan dengan rapi. All-new Aqua juga menjadi mobil kompak Toyota pertama yang menampilkan layar audio 10,5 inci yang besar, menghadirkan pengoperasian dan visibilitas yang luar biasa.

Dengan semua fitur yang dihadirkan, Toyota Aqua dijual mulai dari 1,98 Juta Yen atau sekitar Rp 260 Juta-an untuk varian terendah dengan penggerak roda depan, hingga 2,598 juta Yen atau sekitar Rp 341 Juta-an untuk varian tertinggi dengan penggerak E-Four. Bagaimana? Tertarik dengan mobil yang lebih useful dari useless goddess di Konosuba?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.