Microsoft Perkenalkan Windows 365, Sistem Operasi Komputer Cloud!

Teknologi 15 Jul 2021

Akhir-akhir ini, sistem berbasis awan atau cloud semakin hits diperbincangkan. Setelah sebelumnya banyak yang ramai-ramai meluncurkan layanan gaming berbasis awan, misal Stadia yang diluncurkan oleh Google, kini Microsoft memperkenalkan Windows 365, sebuah sistem operasi PC berbasis cloud yang dapat dioperasikan dari jauh melalui jaringan internet.

Konsepnya tidak jauh berbeda dengan layanan gaming berbasis awan, hanya saja, ini adalah sebuah komputer desktop. Dan mungkin ini bukan hal baru bagi sebagian orang, terlebih bagi pengguna remote desktop seperti TeamViewer atau yang menyewa server berbasis awan.

Kamu dapat mengoperasikan komputer cloud ini, di manapun, kapanpun, dan di platform apapun lewat web browser. Mulai dari menjalankan aplikasi kantoran sampai menyimpan berkas penting semuanya bisa dilakukan. Semua lewat web.

Kamu juga dapat menyesuaikan spesifikasi yang kamu butuhkan, mulai dari CPU, penyimpanan, sampai kapasitas RAM yang diinginkan. Dan kamu juga bisa memiliki lebih dari 1 cloud desktop dalam 1 akun, untuk setiap kebutuhan.

"Keadaan Cloud PC Anda akan tetap sama meskipun Anda berganti perangkat. Anda bisa mengerjakan tugas yang sama di laptop di kamar hotel, dari tablet selagi di dalam mobil menuju meeting," tulis general Manager Microsoft 365, Wangui McKelvey, sebagaimana dikutip dari Kompas Tekno.

Buat kamu yang ingin mencoba menjajal, layanan ini baru akan hadir pada 2 Agustus mendatang. Layanan ini akan hadir dalam dua edisi, yakni Business dan Enterprise. Pembayarannya menggunakan skema langganan per pengguna untuk perusahaan.

Hingga berita ini diturunkan, harganya masih belum diumumkan. Layanan Windows 365 sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dari teknologi virtualisasi dan remote access yang sudah ada, seperti Azure Virtual Desktop dari Microsoft sendiri, atau TeamViewer. Namun, poin utama dari layanan ini adalah kemudahan penggunaan dan manajemen.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.