Mobil Baru Pekan Ini : Hyundai Elantra N, "Bimantara Nenggala" Modern Versi Kencang

Otomotif 17 Jul 2021

Di pertengahan era 90-an, Hyundai pernah menjual Elantra sebagai Bimantara Nenggala, yang hadir di pasaran Indonesia hingga tahun 2000-an. Namun setelahnya, ia tak dijual di Indonesia, tapi basis dari sedan ini masih dijual hingga saat ini. Bahkan, kini ia hadir dengan varian sports car yang bisa melaju dari 0-100 km/h dalam 5 detik! Dan di Mobil Baru Pekan Ini, kita kedatangan Hyundai Elantra N!

Mesin Kencang 276 Daya Kuda

Seperti mobil yang hadir di line-up Hyundai N pada umumnya seperti Kona N, i30 N dan Veloster N, Elantra N hadir dengan mesin yang terkenal kencang dan siap dipakai buat trackday di Sirkuit Internasional Sentul.

Mesin 2.000cc 4-silinder bertenaga 276 daya kuda, torsi 392.27 Nm, transmisi DCT 8 percepatan dan manual 6 percepatan yang dapat mencapai akselerasi 0-100 km hanya dalam waktu 5,3 detik! Gila bukan?

Bahkan di mobil yang bernama lain Avante N di Korea ini dibekali dengan banyak fitur khas dari Hyundai N. Misal saja launch control dengan tiga mode seperti N Grin Shift, N Power Shift dan N Track Sense Shift. Serta berbagai fitur yang bakal cukup panjang kalau kita bahas satu satu disini.

Eksterior dan Interior Cakep Layaknya Hyundai Kebanyakan

Sama seperti versi non-N nya, Elantra N datang dengan desain eksterior yang udah cakep dari sananya. Tentunya dengan body kit yang berbeda dengan versi non-N, serta ketambahan spoiler minimalis yang membuat mobil ini semakin "RESING!" namun nggak begitu Ricer. Bahkan spoilernya pun bisa menambah 125% downforce, yang tentu saja dapat mempengaruhi performa di kecepatan maksimum.

Masuk ke dalam, kamu akan disambut dengan interior full alcantara + bucket seat dengan posisi duduk yang lebih rendah, yang membuat pengalaman berkendara kamu menjadi lebih sporti. Layaknya produk Hyundai kebanyakan, ia hadir dengan panel instrumen digital, head unit dengan berbagai fitur penunjang trackday khas Hyundai N, serta ia ketambahan N Sound Equalizer yang bisa menyesuaikan suara mesin sehingga menimbulkan sensasi berkendara yang asyik.

Meskipun mobil ini tergolong ke sports car, tapi Hyundai tidak menghilangkan kenyamanan sebagai penumpang di baris kedua. Thanks buat legroom belakang yang luas dan luas bagasi 464L yang membuat mobil ini bisa membuatmu pede di sirkuit tapi enak buat harian.

Fitur Lain Yang Tak Kalah Menarik

Hyundai menyematkan integrasi dengan aplikasi Hyundai N yang saat ini baru bisa digunakan di Korea Selatan. Aplikasi ini memungkinkan pengemudi menyimpan dan menganalisis setiap aspek data berkendara mulai dari kecepatan, waktu putaran hingga g-force dan banyak lagi. Hal ini juga memungkinkan pengemudi untuk membandingkan kinerja mengemudi dengan orang lain, memberikan kesempatan untuk belajar dan tumbuh sebagai "Nthusiast".

Selain itu, ada banyak fitur yang dijelaskan melalui video presentasi Elantra N di kanal youtube Hyundai N atau kamu bisa lihat attached video di bawah ini.

Mengutip Otodriver, harga Elantra N di Korea Selatan dijual seharga 34 juta won atau setara Rp 430 juta untuk model bertransmisi DCT, atau 32 juta won atau sama dengan Rp 404 juta untuk model bertransmisi manual.

Lantas, apakah Hyundai Indonesia akan membawa "Nenggala N" ke pasar Indonesia? Semoga saja terwujud.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.