Mobil Baru Pekan Ini : BMW Seri 2 Coupe

Otomotif 10 Jul 2021

Mobil baru pekan ini kembali lagi dengan debut perdana dari generasi baru dari BMW Seri 2 Coupe. Mobil kompak sporti asal Jerman ini hadir dengan beberapa fitur dan hal-hal menarik yang akan kita bahas dimulai dari desainnya.

Desainnya Terinspirasi BMW 2002

Meskipun sebagian warganet sering menyebut desain BMW Seri 2 Coupe ini agak mirip Datsun Cross (di bagian lampu depannya), tapi ternyata, desain awal dari BMW Seri 2 ini mengandung hal nostalgic yang dibawa dari mobil legendaris dari pabrikan Jerman tersebut.

Mobil dengan nama lain BMW M240i dan 230i ini merupakan usaha BMW dalam me-reminiscence model legendaris BMW 2002 ke dalam desain yang lebih modern layaknya BMW kekinian. Mengapa demikian? Lihat sketsa awal berikut.

Sketsa Awal BMW Seri 2 generasi terbaru yang mengambil design cue dari BMW 2002 (BMW Design via Motor1)
BMW Seri 02 (BMW 2002) yang dijadikan inspirasi dalam desain BMW Seri 2 generasi terbaru (By Mic from Reading - Berkshire, United Kingdom - Blackrock, Co Dublin - Ireland, via Wikimedia)

Mengutip dari laman Motor1, BMW telah membagikan sketsa awal dari coupe terkecilnya dan desainnya menghadirkan lebih banyak retro vibes dibandingkan versi produksinya.

Lampu melingkar dari mobil oranye dan abu-abu kemungkinan merujuk ke Seri 02, seperti juga ujung knalpot ganda yang dipasang di tengah. Coupe kuning lebih mirip dengan aslinya tetapi menampilkan lampu belakang yang berbeda daripada set unik yang digunakan oleh mobil terakhir.

Bagian belakang adalah salah satu poin pembicaraan utama pada BMW Seri 2 Coupe karena beberapa orang percaya bahwa bagian belakangnya tidak benar-benar cocok dengan desain keseluruhan dari mobil ini.

Absennya Transmisi Manual

BMW 230i dan M240i ini datang dengan mesin 2000cc 4 silinder turbo dengan tenaga 255 hp dan 400 Nm of torque (230i) dan 3000cc 6 silinder bertenaga 382 hp dan 500 Nm of Torque (M240i) yang disalurkan ke dua roda belakang atau ke empat roda melalui transmisi 8 percepatan Steptronic. Ya, kalian bakal nyadar kalo transmisi manual absen di Seri 2 generasi baru ini.

Meskipun begitu, BMW 230i sanggup berakselerasi dari 0-100 km/h dalam waktu 5.5 detik dan 4.1 detik di M240i. Dan juga, mereka bisa menyentuh top speed di 249 km/h.

Lainnya, Sama Seperti BMW Kebanyakan

Mengutip dari Otodriver dan Motor1, BMW Seri 2 Coupe ini hadir dengan berbagai kelengkapan layaknya produk BMW kebanyakan. Sebut saja BMW Live Cockpit, iDrive 7 dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay secara nirkabel, fitur keselamatan tingkat tinggi (termasuk adaptive cruise control dengan fungsi stop-and-go), Adaptive M Suspension untuk varian M240i, M Sport Suspension yang hadir secara opsional di 230i, dan Velg 18inchi atau opsional 19 inchi di 230i serta 19 inchi di M240i.

BTW, untuk harganya, hingga artikel ini ditulis, BMW belum mengumumkan harga resmi untuk Seri 2 Coupe ini.

Demikian bahasan kami mengenai Mobil Baru Pekan Ini, jika ada kritik dan saran boleh membagikannya melalui kolom komentar dibawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.