Mobil Terbang Mengudara di Langit Kini Menjadi Kenyataan!

Otomotif 2 Jul 2021

Pernahkah terbayangkan mobil yang tidak hanya berjalan di darat namun juga mengudara di langit layaknya sebuah pesawat terbang? Nah, sesuatu yang biasanya hanya ada di dunia fiksi sekarang benar-benar menjadi kenyataan.

Dilansir dari BBC (2/7), sebuah prototipe mobil terbang bernama AirCar berhasil mengudara selama 35 menit setelah menyelesaikan penerbangan antar kota di bandara internasional di Nitra dan Bratislava, Slovakia pada tanggal 28 Juni 2021 silam.

Profesor Stefan Klein, pendiri dari Klein Vision sekaligus pencipta dari mobil terbang ini, mengatakan bahwa prototipe mobil terbang tersebut dapat mengudara sejauh 1.000 kilometer pada ketinggian 2.500 meter. Selain itu prototipe ini telah menjalani 142 kali pendaratan sepanjang pengetesannya di Bratislava.

Dengan keberhasilan tes ini, Klein menyatakan bahwa penerbangan pertama ini akan menjadi penanda dimulainya eranya transportasi ganda. "Penerbangan ini membuka kategori baru dalam transportasi dan mengembalikan kebebasan dari mobil ke individu. AirCar bukan hanya sekedar pembuktian dari suatu konsep; terbang pada ketinggian 8.200 kaki pada kecepatan 100 knot (185.2 km/jam), ia telah menjadikan suatu fiksi sains sebagai kenyataan," ujar Klein melalui rilis pers.

Spesifikasi

Model yang digunakan dalam pengetesan, AirCar Prototype 1, dilengkapi oleh mesin dari BMW bertenaga 160hp yang dipasangkan dengan propeler dan parasut balistik. AirCar dapat berubah dari mobil menjadi pesawat terbang dengan merentangkan kedua sayap yang tersimpan di setiap sisi mobil dalam waktu 2 menit 15 detik. Selama pengetesan dari Civil Aviation Authority, AirCar telah menempuh waktu terbang sebanyak 40 jam. AirCraft Prototype 1 dapat terbang hingga ketinggian 8.200 kaki dan kecepatan 103 knot (190 km/jam).

Sementara versi pra-produksi, AirCar Prototype 2, akan dilengkapi dengan mesin bertenaga 300dk dan sertifikasi penerbangan EASA CS-23 dengan izin jalan M1. Model ini diharapkan dapat terbang sejauh 1000km dengan kecepatan mencapai 162 knot (300km/jam).

Klein Vision mengatakan bahwa pengembangan dari prototipe mobil terbang ini membutuhkan waktu pengembangan sekitar 2 tahun dengan biaya mencapai 2 juta euro (34 Milyar Rupiah). Klein Vision sendiri berharap ciptaannya dapat menarik perhatian dari beberapa maskapai penerbangan.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.