Nvidia Bakal Boyong RTX 3060 di Perangkat Chromebook?

Teknologi 21 Jul 2021

Nvidia tertarik mengembangkan support GPU-nya RTX 3060 untuk prosesor ARM. Pihaknya sedang mengembangkan bagaimana GPU-nya bisa bekerja dengan prosesor ARM demo yaitu MediaTek  Kompanio 1200 ARM. Pada GDC 2021 Nvidia menunjukkan teknologi GPU-nya seperti DLSS dan ray-traced lightning untuk pertama kalinya.

Di demo videonya, Nvidia menampilkan gim Wolfenstein: Youngblood yang bekerja di GPU RTX 3060 dengan prosesor flagship MediaTek Kompanio 1200 ARM dan terlihat sangat lancar sekali dalam menjalankan gimnya. Yang hebat adalah RTX 3060 tersebut direncanakan akan dikembangkan untuk perangkat Chromebook. Karena itu juga Nvidia perlu membuat driver dan support agar GPU-nya bisa berjalan lancar dengan ARM.

Teknologi yang akan ditawarkan Nvidia untuk ARM dan Linux adalah DLSS, RTX Direct Illumination, RTX Global Illumination, RTX Memory Utility, dan Nvidia Optix AI-Accelerated Denoiser.  SDK untuk ARM dengan Linux dan Chromium sudah ada yang tersedia maupun akan tersedia pada waktu mendatang untuk developer.

Tentu saja kabar ini sangat mengejutkan, mengingat perangkat Chromebook hanya ditunjukkan untuk mahasiswa atau pelajar untuk digunakan menyelesaikan pekerjaan ringan akan bisa menjalankan gim triple A. Apakah perangkat Chromebook dapat sejajar dengan perangkat yang menggunakan Windows, Mac OS, atau Linux? Kita nantikan saja.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Rarely writing

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.