Problematika Steam Deck: Situs Pre-Order Bermasalah dan Jadi Incaran Penimbun

Gaming 17 Jul 2021

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Valve resmi meluncurkan konsol gim portabel terbaru mereka bernama Steam Deck dan gamer pun langsung menyikapinya dengan gegap gempita karena dianggap sebagai alternatif terhadap Nintendo Switch. Dibandingkan dengan Nintendo Switch yang hanya bisa memainkan gim eksklusif, Steam Deck dapat memainkan semua gim yang ada di Steam library, termasuk gim PC.

Menindaklanjuti hype yang diciptakan oleh kehadiran Steam Deck, Valve pun mulai membuka pre-order melalui situs khusus yang mereka siapkan, dan disinilah masalah dimulai...

Situs Pre-Order Bermasalah

Valve mulai membuka situs pre-order untuk Steam Deck mulai hari ini (17/7) jam 12 tengah malam tadi melalui situs berikut.

Untuk mencegah dibeli dalam oleh penimbun dan memastikan proses pemesanan yang adil, Valve melakukan berbagai langkah pencegahan, salah satunya adalah calon pembeli harus memiliki akun Steam yang telah dibuat sebelum Juni 2021.

Namun ternyata hal ini menjadi semacam permasalahan yang mendera beberapa pengguna Steam, salah satunya adalah Sean Hollister, Senior Editor dari The Verge yang mendapati masalah saat hendak melakukan pemesanan Steam Deck karena akun Steam dia dianggap masih "terlalu baru".

Masalah lain juga menghampiri Andrew Goldfarb dari Sucker Punch Production (Ya, developer dari Ghost of Tsushima) yang mengatakan status transaksinya masih belum jelas hingga akhirnya dia baru mendapatkan kepastian pemesanannya 90 menit kemudian.

Bahkan ada pula yang mengatakan situs pre-order Steam Deck sempat down sehingga tidak dapat diakses untuk beberapa saat karena membludaknya trafik situs, seperti yang dialami seseorang di Twitter berikut:

Para Penimbun Pun Bertindak

Meskipun berbagai langkah telah dilakukan, ternyata masih belum dapat menghentikan para penimbun. Sebagaimana ketika situs pre-order yang sebelumnya down mulai dibuka lagi, ternyata sebagian besar slot reservasi sudah direbut oleh para penimbun untuk dijual lagi.

Sebagaimana yang dilaporkan melalui Gamerant, slot reservasi Steam Deck mulai bertebaran di situs jual beli eBay dengan harga yang fantastis hingga 1.000 USD, bahkan adalah yang menjual privilege untuk menjadi urutan pertama pengiriman dengan harga lebih dari tiga kali lipat. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat dikecewakan oleh para calon pembeli, dimana mereka hanya bisa menunggu ketersediaan unitnya atau membeli yang harga yang jauh lebih mahal dari harga retail.

Semoga Valve dapat memberikan solusi untuk mengatasi keberadaan para penimbun yang semakin marak, tidak hanya demi menjaga harga pasar terhadap konsol Steam Deck namun juga komunitas gamer itu sendiri.

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (เน‘>โ—ก<เน‘)

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.