[REVIEW] Kami Mencoba Android 12 Beta 3 Di Ponsel Selain Google Pixel, dan Kami Suka!

Teknologi 26 Jul 2021

Android 12 merupakan sistem operasi terbaru milik Google yang punya perubahan yang cukup drastis dibanding Android sebelumnya. Mulai dari ubahan pada desain, penambahan fitur dan improvisasi di sektor privasi. Lantas, apa pengalaman kami dengan Android 12?

Sebagai catatan, Android 12 saat ini baru bisa diinstal secara resmi melalui program beta untuk ponsel Google Pixel dan beberapa smartphone lain. Dan kami menginstal versi portingan Android 12 dari Google Pixel 5 ke Redmi Note 5 Pro.

Fitur penuh kostumisasi
Android 12 memberikan tampilan baru yang menyegarkan mata dan enak dipandang. Hal itu dikarenakan perubahan drastis pada desain yang kini mengadopsi bahasa desain Material You, yang mengutamakan kostumisasi dan estetika.

Di Material You ini, Google menyematkan theme engine berbasis wallpaper yang kemudian kita menyebutnya sebagai "Monet Engine." Monet engine ini memungkinkan warna palet yang digunakan pada antarmuka Material You bisa disesuaikan dengan wallpaper yang dipakai pengguna.

Selain di antarmuka aplikasi, Material You dengan Monet Engine ini juga memberikan sentuhan segar di antarmuka notifikasi, ikon di layar utama dan lain sebagainya. Hasilnya, desktop akan terlihat lebih menarik di mata dan membuat pengalaman menggunakan smartphone menjadi lebih seru.

Fitur berguna diluar kustomisasi

Di luar fitur kostumisasinya yang cukup banyak, terselip beberapa fitur baru yang sangat berguna bagi sebagian orang. Misal gestur ke bawah di bagian ujung bawah yang dapat mengaktifkan fitur one-handed mode yang berguna bagi orang yang suka memainkan gawainya dengan satu tangan.

Ada lagi fitur auto rotate yang kini disempurnakan dengan penggunaan kamera depan agar menambah akurasi pada fitur auto-rotate. Serta Privacy Dashboard yang bisa memonitor aplikasi apa saja yang menggunakan mic, kamera dan akses lokasi. Bicara soal mic dan akses kamera, ada dua toggle tambahan di quick settings yang bisa menonaktifkan fungsi mic dan kamera dalam sekali tap.

Oh iya, buat yang suka ngegame, ada Game Dashboard yang menunjang kegiatan gaming kamu di Android 12.

Game Dashboard di Android 12 (Foto : Google for Games via 9to5Google)

Bagaimana soal performanya?

Android 12 yang berjalan di Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini memang dibilang cukup lancar untuk dipake buat kegiatan sehari-hari (tanpa bermain game). Namun, kerap kali kami menemui sedikit lag saat membuka notification shade. Terlebih saat setelah menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi. Kalaupun dipakai buat bermain game seperti F1 Mobile, ia masih bisa dijalankan dengan lancar kok.

BTW, Android 12 di Redmi Note 5 Pro ini memanfaatkan partisi F2FS yang membuat performanya sedikit lebih baik ketimbang partisi ext4. Jadi masih bisa lah buat dipakai menjelajah media sosial, menonton youtube atau mengerjakan pekerjaan di Google docs.

Efisiensi Baterai

Lalu bagaimana dengan penggunaan baterainya? Well, di hp berkapasitas 4000 mAh ini, ia sanggup dipakai seharian dengan catatan nggak begitu sering dipakai secara intens.

Ya, mirip-mirip kayak pas pakai ROM Android 11 lah. Bahkan kami pun cuma melakukan charging satu kali sehari di Redmi Note 5 Pro dengan Android 12.

Bug yang ditemui

Sesuai dengan namanya, tentu varian Beta masih belumlah sempurna, dan kami menemui beberapa bugs yang yang ada di Android 12 ini. Misal tata letak search bar di application drawer yang agak berantakan, stuttering di beberapa momen tertentu, dan notifikasi di lockscreen yang kadang muncul kadang cuma muncul iconnya saja.

Bagi sebagian orang, ini bisa masuk ke dalam bugs, tapi buat sebagian yang lain, ini bisa masuk ke hal yang menjadi nilai estetik.
Salah satu bug Android 12 yang membuat bagian ini menjadi "Sus" ketimbang elemen desain lain di Android 12 (foto : Androidpoilice)

Kendati begitu, saat 7 hari pemakaian, Android 12 di Redmi Note 5 Pro ini masih bisa dipakai dengan baik. Namun di perangkat lain, bisa saja bug yang ditemui berbeda ketimbang apa yang kami temukan di Redmi Note 5 Pro kami. Misal di perangkat Mi 11 series yang bermitra dengan program beta Android yang dipaparkan melalui gambar dibawah.

Beda perangkat, tentu berbeda juga bug nya (sumber : https://www.mi.com/global/service/support/androidsbeta.html)

Instalasi
Bagi yang tertarik menjajal Android 12 Beta 3, ada beberapa metode yang berbeda untuk menginstal Android 12

Untuk pengguna Pixel, kamu bisa mendaftarkan ponsel kamu untuk mengikuti program beta Android. Kemudian setelah menunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan notifikasi pembaruan sistem untuk menjajal Android 12 di perangkat Pixel kamu.

Sementara untuk pengguna ponsel non-Pixel yang bermitra dengan program beta Android, kamu bisa mengunjungi https://developer.android.com/about/versions/12/devices untuk informasi mengenai program beta Android 12 di perangkat yang bermitra dengan program beta Android.

Lalu bagaimana kalau ponsel kamu tidak termasuk ke perangkat yang bermitra dengan program beta Android? Kamu bisa menginstal custom ROM Android 12 yang di port langsung dari perangkat Pixel, atau menggunakan ROM berjenis Generic System Images (GSI). Tentu cara instalasinya berbeda-beda di setiap perangkat. Misal di Redmi Note 5 Pro yang mewajibkan untuk mengubah format data dan cache ke F2FS jika ingin memasang ROM Android 12 yang dirancang oleh NeFeRon.

Demikian ulasan kami mengenai Android 12 Beta 3 kali ini, jika ada kritik, masukkan dan saran sila komentar di bawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.