Bot Musik Groovy untuk Discord Terancam Disuntik Mati oleh Youtube

Teknologi 26 Agt 2021

Jika kalian sering menggunakan Discord untuk voice group, pastinya kalian familiar dengan bot Groovy. Namun kini bot tersebut telah berada di ambang kematiannya.

Menyalahi Aturan

Dilansir dari The Verge, bot yang telah digunakan lebih dari 16 juta server dalam Discord tersebut telah menyita perhatian dari Youtube yang sekaligus menjadi situs atau platform sumber untuk menjalankan fungsi bot Groovy dalam memainkan lagu-lagu di Youtube.

Google mengonfirmasi langsung kepada The Verge bahwa pihaknya mengambil tindakan dalam kasus ini: "Kami memberi tahu Groovy tentang pelanggaran Persyaratan Layanan kami, termasuk memodifikasi layanan dan menggunakannya untuk tujuan komersial," tulis juru bicara YouTube, menambahkan bahwa API-nya adalah untuk pengembang yang mematuhi persyaratan layanannya.

Keterangan dari Sang Kreator

“Groovy telah menjadi bagian besar dalam hidup saya selama lima tahun terakhir. Itu dimulai karena bot teman saya payah dan saya pikir saya bisa membuat yang lebih baik,” ujar founder sekaligus kreator dari bot Groovy, Nik Ammerlaan. Bot Groovy mengambil musik dari YouTube dan memungkinkan pengguna Discord untuk memutar dan membagikannya di server tempat bot tersebut dipasang. Dalam kurun waktu 5 tahun saja, bot tersebut telah digunakan oleh pengguna sebanyak 250 juta orang.

Keterangan dari Nik terkait penutupan bot Groovy

Karena kepopuleran inilah, induk perusahaan dari Youtube yaitu Google secara resmi memberikan peringatan kepada bot ini untuk dinonaktifkan dalam tenggang waktu maksimal 7 hari. Dan dengan berat hati, bot ini akan disuntik mati pada 30 Agustus mendatang. Nik juga menambahkan bahwa dirinya mengetahui konsekuensi dari segala aktivitas yang terjadi pada Groovy dan tinggal menunggu waktu saja untuk Youtube turun tangan secara langsung dan menjatuhkan gugatan kepada bagian terpenting dalam Discord ini.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.