[Mobil Baru Pekan Ini] Toyota Indonesia Resmi Me-Rebrand TRD Sportivo Menjadi GR Sport!

Otomotif 9 Agt 2021

Setelah sukses dengan Raize GR-Sport yang menjadi varian mobil pertama Toyota yang tidak menggunakan nama TRD Sportivo di Indonesia, kini Toyota Indonesia merubah line-up TRD Sportivo mereka di beberapa mobil andalannya seperti Agya, Yaris, Fortuner dan Rush menjadi GR-Sport. Ditambah, adanya mobil edisi terbatas yang gabung ke keluarga GR Sport Toyota di waktu yang bersamaan. Lalu, seperti apa perubahannya?

Kita mulai dari yang mendapat ubahan signifikan, yakni Avanza Veloz GR Limited yang hanya diproduksi tak lebih dari 4000 unit di Indonesia. Mengapa terbatas? Konon katanya, mobil ini akan digantikan dengan generasi terbarunya pada akhir tahun ini.

Veloz GR Limited mendapat sentuhan kosmetik pada eksterior, baik di bumper depan dan bumper belakang dengan styling ala-ala Gazoo Racing. Begitu pula dengan tambahan bodykit khas GR, pelek dan spion berwarna hitam glossy. Namun, interiornya sendiri tidak berubah sama sekali, tetap mempertahankan interior aslinya Veloz.

Veloz GR Limited dijual dengan harga Rp. 221,4 Juta hingga Rp. 243,8 juta, dalam dua varian mesin 1300cc dan 1500cc dan dua varian transmisi. Harga tersebut sudah termasuk pengurangan subsidi PPnBM 0 persen.

Sementara itu, model-model Toyota GR Sport lain yang dijual di Indonesia sejatinya merupakan rebranding dari varian TRD Sportivo. Artinya, tidak ada ubahan mencolok dari model-model Toyota TRD Sportivo dengan model-model GR Sport, hanya saja ada beberapa improvement yang dilakukan Toyota di model GR Sport mereka.

Misal di Rush TRD Sportivo yang kini bernama Rush GR Sport, ia mendapat fitur idling stop system layaknya di motor-motor matic Honda seperti BeAT dan Vario dan head unit yang kini mendukung Apple CarPlay dan Android Auto; serta Fortuner TRD Sportivo yang sama-sama berubah nama menjadi Fortuner GR Sport dengan tambahan AC dual zone.

Untuk harga dari mobil-mobil Toyota GR Sport, m inimang tidak ada kenaikan harga untuk Yaris dan Agya, tapi untuk Rush mengalami kenaikan harga Rp. 5,1-5,8 Juta dan Fortuner mengalami kenaikan harga Rp. 1 Juta.

Sekedar informasi, Yaris GR Sport yang dijual di Indonesia bukanlah GR Yaris yang baru akan dijual resmi oleh pihak Toyota Indonesia pada akhir tahun ini, atau yang dijual oleh Alvin Motor dan Biker Plus beberapa waktu silam.

Ini bukan Yaris GR Sport yang baru aja dirilis ya, tapi ini the real GR Yaris! (Foto : Instagram/ascentti)

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.