Microsoft Hentikan Dukungan Office untuk Android pada Chrome OS

Teknologi 26 Agt 2021

Kabar buruk untuk kamu pengguna Chrome OS yang sering mengerjakan dokumen, pasalnya aplikasi Office yang ditujukan untuk Android tersebut tidak akan lagi mendukung di perangkat berbasis Chrome OS.

Dikabarkan dari juru bicara Microsoft melalui androidpolice bahwa perusahaan Microsoft akan menghentikan dukungan aplikasi Office di Chrome OS mulai September nanti. Aplikasi Office tersebut meliputi Word, Excel, Powerpoint, Outlook, OneNote.

Sebagai gantinya, pengguna Chrome OS dapat menggunakan aplikasi Office di website office.com. Tenang saja, kamu tidak perlu membayar langganan Office 365 untuk menggunakannya, alias gratis. Aplikasi web tersebut juga dapat digunakan saat mode offline.

Aplikasi Word di website Office

Tentu saja pemberhentian dukungan ini akan mengubah pengalaman membuat dokumen di Chrome OS. Walaupun pada dasarnya Chrome OS lumayan butuh dukungan internet agar bisa digunakan maksimal, namun tetap saja pengalaman membuat dokumen di aplikasi web berbeda dengan membuat dokumen di aplikasi Office yang terinstal langsung. Hal ini membuat pengguna Chrome OS sangat bergantung dengan internet.

Meskipun ada banyak aplikasi pembuat dokumen lain yang serupa seperti dari Google, WPS, Polaris dll, aplikasi tersebut tidak dapat mengungguli aplikasi pembuat dokumen dari Microsoft.

Kemungkinan mengapa Microsoft memberhentikan dukungannya adalah karena masalah kecocokan aplikasi Android ini untuk bekerja di layar yang besar seperti di Chrome OS.

Aplikasi Office ini mungkin akan dihapus dari Play Store Chrome OS. Untuk Play Store di Android sendiri tidak terkena dampak ini.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Rarely writing

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.