[Mobil Baru Pekan Ini] Nissan Resmi Merilis Generasi Baru Z

Otomotif 18 Agt 2021

Setelah penantian cukup lama, akhirnya Nissan merilis sebuah sportscar yang memang sangat diidamkan oleh para pecinta otomotif seluruh dunia.

Cody Walker

Pada Rabu hari (18/8) melalui kanal resmi di Youtube, Nissan menyiarkan secara langsung acara perilisan perdana dari sportscar terbaru mereka dari New York.

Dalam pagelaran tersebut, acara dibuka dengan menampilkan seluruh generasi dari sportscar legendaris mereka yaitu Nissan Z. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pertama yang disampaikan oleh Cody Walker, adik dari mendiang Paul Walker yang dikenal melalui perannya di franchise film Fast Furious. Selanjutnya adalah presentasi yang disampaikan oleh Ashwani Gupta selaku Chief Operating Officer.

Generasi Baru dari "Z"

Nissan memperkenalkan generasi terbaru Z, yang sebelumnya dikenal sebagai 400Z. Nissan Z ini merupakan generasi ketujuh dalam lineup dari Z yang rilis pertama kali pada tahun 1969. Dengan mengusung desain retro yang terinspirasi dari generasi pertama Z yaitu 240Z.

Tampak depan dan belakang dari 400Z

Dan sesuai dengan nama mobilnya yaitu 400Z, yang berarti mobil ini dapat menghasilkan daya sebesar 400 tenaga kuda dari twin-turbo V6 3000cc, mesin yang sama ditemukan di divisi luxury Nissan, Infiniti Q50 Red Sport. Sama seperti Infiniti, torsi yang dihasilkan dapat mencapai 350 lb-ft, dari RPM 1.600 hingga 5.600.

Mesin 3000cc twin turbo V6

Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi manual 6 percepatan. Sesuatu yang sangat didambakan oleh para pecinta otomotif di era modern saat ini. Namun jika anda lebih mementingkan efisiensi mesin, Nissan juga menyediakan varian transmisi automatic dengan 10 percepatan.

Fitur Tambahan dan Harga

Nantinya, Nissan Z akan dilengkapi dengan fitur tambahan modern seperti pada lineup mobil Nissan lainnya. Pertama, desain kokpit yang berpusat pada pengemudi mencakup layar berukuran 12,3 inci dengan pilihan OS Apple Car Play atau Android Auto yang dapat disesuaikan dengan jok berlapis kulit dan sistem audio Bose 8-speaker.

Detail interior dari Nissan Z

Z akan tersedia dalam level kelas Sport and Performance dengan edisi khusus "Proto Spec", terbatas hanya 240 unit. Tampaknya model trim standar akan memiliki rem Akebono 4 piston, namun perlengkapan standar untuk setiap trim belum diketahui.

Rem Akebono 4 piston

Diprediksi Nissan Z ini akan segera meluncur ke dealer Amerika Utara pada awal tahun 2023. Untuk pasar Amerika Utara, Nissan Z ini nantinya akan dibanderol dengan harga 40.000 USD atau sekitar 575 juta Rupiah.

Emisi Ketat

Dengan semua berita menggembirakan ini, kita harus mengantisipasi sesuatu yang tidak terduga. Seperti contohnya berikut ini.

Dilansir dari Sindonews, dengan adanya pemberlakuan regulasi ketat untuk tingkat emisi mesin pembakaran internal di Eropa menjadikan Nissan Z yang baru ini akan sangat pesimis untuk dijual di pasar Benua Biru tersebut. Sehingga, zona aman untuk si Z adalah di pasar Amerika Serikat khususnya Amerika Utara.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.