[Mobil Baru Pekan Ini] Proton Iriz dan Persona Akhirnya Dapat Facelift Lagi!

Otomotif 5 Agt 2021

Setelah di tahun 2019, Proton menyegarkan lini Iriz dan Persona dengan ubahan facelift, di tahun 2021 ini, mereka melakukannya lagi dengan menghadirkan logo baru Proton dan menambah satu varian lagi pada Iriz. Lantas, seperti apa detailnya?

Iriz Executive yang tampil semakin keren. (Foto : Paul Tan)

Dimulai dari Iriz, hatchback yang sempat masuk pasar Indonesia pada tahun 2017 silam ini mendapat ubahan di bagian eksterior maupun di interiornya. Dimulai dari bentuk grill baru yang tentunya sudah disesuaikan dengan logo barunya Proton, desain bumper baru dan desain dashboard yang semakin kekinian.

Selain itu, tambahan overfender dan roof rail khas SUV, ornamen merah pada interior dan fitur GKUI dengan voice command "Hi Proton" dan navigasi online + Joox juga tersedia di varian baru dari Iriz bertajuk Iriz Active. Varian yang membawa tema Crossover ini diposisikan sebagai varian flagship dari Proton Iriz menggantikan varian Premium.

Iriz Active a.k.a Iriz yang di-crossoverkan (Foto : Paul Tan)

Semua varian Iriz hadir dengan mesin 1600cc (kecuali di varian Standard dengan mesin 1300cc) bertansmisi CVT. Mesin 1300cc nya bisa menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 120 Nm, sementara mesin 1600cc nya menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 150 Nm. Kedua mesin itu disalurkan ke dua roda depan.

Sementara itu, Persona alias varian sedan dari Iriz ini juga mendapat perubahan yang sama seperti Iriz. Punya grill baru, desain bumper baru, desain dashboard baru dan tentunya, fitur GKUI dengan voice command "Hi Proton" dan navigasi online + Joox di varian Premium.

Proton Persona, versi sedan dari Proton Iriz (Foto : Paul Tan)

Bedanya, mesin 1600cc di Persona ini hanya memiliki selisih tenaga 2 PS ketimbang mesin yang sama di Iriz, yakni 107 PS dengan torsi yang sama di 150 Nm. Selain itu, perbedaan yang cukup mencolok ialah di interiornya, dimana Iriz lebih condong ke styling yang sporti nan keren, sementara Persona lebih ke mewah dan tentu saja premium.

Kedua mobil ini juga hadir dengan filter udara N95 yang sangat berguna di masa pandemi seperti sekarang, dan fitur keselamatan tingkat tinggi seperti stability contol, hill hold control, 6 airbag (kecuali di Iriz Standard dengan 2 airbag) dan berbagai fitur menarik lainnya.

Mengutip Indra Fathan, Proton Iriz dijual mulai dari RM40.300 atau sekitar Rp. 137 Juta hingga RM54.000 atau sekitar Rp. 183,6 Juta. Sementara Persona dijual mulai dari RM45.800 atau sekitar Rp. 155,7 juta hingga RM55.800 atau sekitar Rp. 189,7 juta.

Seandainya Proton Edar Indonesia berencana akan comeback di pasar otomotif Indonesia, mungkin kedua mobil ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk meramaikan pasar hatchback dan sedan di Indonesia. Kita berharap Proton bisa segera comeback ke pasar otomotif Indonesia dan membawa duo produk andalannya ini ke Indonesia.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.