Sean Gelael Cetak Rekor Sejarah dalam Dunia Balap Indonesia

Otomotif 24 Agt 2021

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat sebuah momen terpenting dalam sejarah balap Indonesia pada ajang Lemans 24 jam kemarin.

Pertama di Indonesia

Dilansir dari Kumparan, sosok yang dimaksud ini adalah pebalap muda Sean Gelael. Dirinya dan rekan-rekan setimnya yaitu Stoffel Vandoorne serta Tom Blomqvist berhasil meraih peringkat kedua dalam ajang balap 24 Hours LeMans Protoytpe.

Mereka bertiga berhasil mewakili tim balap Jota dengan nomor mobil 28 dalam meraih peringkat kedua, dengan selisih waktu 0,7 detik dari tim Toyota GR yang meraih peringkat pertama.

Hal ini tentu menjadi menjadikan Sean sebagai orang Indonesia pertama yang mencetak kemenangan dalam ajang balapan sekaligus ketahanan yang berlangsung selama 24 jam tersebut.

Mobil yang Dipakai

Dibalik kemenangan yang telah diraih oleh tim Jota, tentu saja didukung oleh performa mobil balap yang maksimal.

Mobil Oreca 07 untuk ajang balap LMP

Mobil tersebut mempunyai nama chassis Oreca 07, dengan dimensi panjang 4.745 mm, lebar 1.895 mm, tinggi 1.045 mm, dan jarak sumbu roda 3.005 mm. Serta didukung oleh bobot mobil yang sangat ringan, yaitu hanya 930kg.

Alasan mengapa mobil tersebut sangat ringan adalah bahan yang digunakan pada beberapa komponennya. Misalnya untuk bodi dibuat menggunakan kombinasi serat karbon dan kevlar, sedangkan untuk chassis menggunakan bahan serat karbon komposit.

Sebagai sumber penggeraknya, tim Jota memilih mesin berbahan bakar bensin dari Gibson berjenis GK428 DOHC V8 naturally aspirated dengan kapasitas 4.200 cc.Mesin itu dapat menghasilkan daya hingga 603hp dan torsi puncak 555 Nm. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke 2 roda belakang melalui transmisi manual XTrac 6-percepatan sequential. Ditambah dengan tangki bahan bakar berkapasitas 75 liter, yang sangat dibutuhkan mobil untuk melaju dan bertahan di track selama 24 jam.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.